Admin Ilmu Ekonomi

Admin Ilmu Ekonomi

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.
06 Oktober 2016

Kompetensi Utama :

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU1)
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2)
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU3)
  4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU4)
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (KU5)
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. (KU6)
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. (KU7)
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. (KU8)
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU9)

Kompetensi Pendukung :

  1. Mampu menganalisis masalah ekonomi dengan memanfaatkan metode riset dan aplikasi IPTEK yang relevan. (KP1)
  2. Mampu menggunakan konsep teori ekonomi untuk melakukan analisis data ekonomidi bidang Ekonomi Moneter dan Perdagangan Internasional, Ekonomi Regional dan Perkotaan, Ekonomi dan Keuangan Sektor Publik, Ekonomi Perencanaan dan Pembangunan, Ekonomi Kependudukan dan SDM, atau Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah. (KP2)
  3. Mampu menelaah alternatif kebijakan ekonomi pemerintah sesuai dengan konsep dan teori serta indikator ekonomi yang berlaku. (KP3)
  4. Mampu melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan kebijakan ekonomi yang sesuai dengan etika dan profesi yang telah ditetapkan oleh universitas. (KP4)
  5. Mampu berkomunikasi secara efektif dan sopan dalam menjabarkan permasalahan, hasil analisis, dan solusi ekonomi. (KP5)

Kompetensi Lainnya:

  1. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (KL1)
  2. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (KL2)
  3. Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (KL3)
  4. Mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (KL4)
06 Oktober 2016
Ketua : Endrizal Ridwan, Ph.D
Sekretaris : Dra. Laksmi Dewi, MSi
Prodi EP S1 : Abdul Khaliq, SE, MA
Koord. Kelas Internasional : Arie Sukma, SE, M.Sc.
Ka Prodi S2 PPn : Prof. Dr. Adrimas, SE, MS
Ka Prodi S3 IE : Prof. Dr. Elfindri, SE, MA
03 Oktober 2016

Visi Prodi Ekonomi Pembangun :

“Menjadi Program Studi Ekonomi Pembangunan yang menghasilkan Ekonom berkarakter mandiri dan berdaya saing global Tahun 2024”.

 

Misi

Program Studi mempunyai 4 (empat) misi yaitu:

  • Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dibidang Ilmu Ekonomi yang berkualitas dan berdaya saing global;
  • Melaksanakan kegiatan penelitian untuk mendukung Kemandirian dan Daya Saing Bangsa.
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal dan daya saing bangsa.
  • Melaksanakan kerjasama yang saling menguntungkan dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dunia usaha, serta lembaga internasional

 

Tujuan

Sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan bersama, tujuan yang ingin dicapai oleh PSEP adalah:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana ekonomi yang mampu bersaing secara global;
  2. Menghasilkan lulusan yang independen/mandiri, memiliki jiwa kewirausahaan, disiplin, dan berintegritas;
  3. Menghasilkan riset dan publikasi yang bermutu dan bermanfaat bagi sektor publik dan dunia usaha;
  4. Mewujudkan pengabdian kepada masyarakat yang relevan bagi pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi lokal dan daya saing bangsa
  5. Mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dunia bisinis dan industri, serta lembaga internasional.
03 Oktober 2016

Program Studi Ekonomi Pembangunan ( PSEP ) merupakan satu-satunya program studi yang berada di bawah Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FE UNAND ) dari dulu hingga sekarang. Dengan demikian, Jurusan Ilmu Ekonomi sangat identik dengan Program Studi Ekonomi Pembangunan. Jurusan ini merupakan salah satu dari tiga jurusan yang ada di FE UNAND. Jurusan lainnya yaitu Jurusan Akuntansi dan Jurusan Manajemen.. Jurusan ini berdiri tanggal 7 September 1957 dengan nama ” Jurusan Ekonomi Umum ” dan melaksanakan perkuliahan di pusat kota Padang tepatnya Jl. Perintis Kemerdekaan 77 Padang. Sejak tahun ajaran 1980/ 1981, bersamaan dengan dinamika perubahan yang semakin dinamis dan kompleks karena adanya keterbukaan informasi dan komunikasi, jurusan ini melakukan perubahan nama menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan ( IESP ) untuk menegaskan peran dan posisinya di tengah-tengah pembangunan ekonomi masyarakat. Sejak tahun 1991 bersama-sama dengan program studi lain di lingkungan Universitas Andalas ( UNAND ), perkuliahan pindah ke kampus Limau Manis Kota Padang.

Dalam usaha meningkatkan peran dalam pembangunan ekonomi daerahdan nasional, sejak tahun ajaran 1994/ 1995, nama jurusan berubah menjadi Jurusan Ekonomi Pembangunan ( EP ). Memasuki tahun ajaran 2003/ 2004, jurusan ini merasa perlu meningkatkan daya saing nasional dalam pembangunan dan ekonomi yang semakin mengglobal serta dalam rangka pemenuhan tuntutan kompetensi di pasar kerja, maka sesuai dengan hasil Konsorsium Ilmu Ekonomi se- Indonesia, nama jurusan dipertajam dan dirubah menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi ( JIE ) yang di dalamnya terdapat Program Studi Ekonomi Pembangunan ( PSEP ). Hal ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Rektor UNAND No. : 555/XIV /F/UNAND/2003. Sesuai dengan perubahan tersebut, PSEP pada tahun 2004/ 2005 melakukan perubahan mendasar terhadap kurikulum. Salah satu tujuan perbaikan kurikulum adalah menjadikan program studi lebih memiliki daya saing dan lulusan yang lebih kompeten pada bidang ilmu ekonomi.Sebagai bentuk kepercayaan dan komitmen pemerintah terhadap PSEP dalam menjalankan kegiatan akademik, PSEP dipercaya menyelenggarakan program Hibah bersaing DUE-Like pada periode 1999-2003 dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi di program studi ini.

Pilih Bahasa

Statistik Kunjungan

016054
Today
This Week
This Month
All days
45
267
622
16054