Admin Ilmu Ekonomi

Admin Ilmu Ekonomi

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.
15 November 2022

Ketua Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI Bapak Vid Adrison, Ph. D. memberikan Workshop Sehari "Membangun Theoritical Economic Framework untuk Penelitian" untuk Mahasiswa dan Dosen Pascasarjana Ekonomi FEB UNAND Senin 14 November 2022. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline untuk memberikan keseriusan dosen dan mahasiswa Departemen Ekonomi FEB UNAND dalam menyiapkan kualitas penelitian yang semakin baik. 

Ibu Dr. Yulia Anas menjelaskan dalam sambutan pada awal acara ini menyatakan bahwa Kegiatan ini merupakan Program Kerja Departemen Ekonomi FEB UNAND yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian Ekonomi Regional (LPER) FEB UNAND. Acara ini yang dilaksanakan sehari penuh dari jam 08:00 - 16:00 WIB dibuka oleh Bapak Dekan FEB UNAND Efa Yonnedi, SE, MPPM, Ph.D Ak. 

Materi yang disampaikan oleh pemateri meliputi perlunya pemahaman peserta workshop tentang: Keputusan Rasional dalam Ilmu Ekonomi, Identifikasi Topik Penelitian, dan Prinsip Dasar Model Teoretis Ekonomi. Kegiatan ini dikuti oleh 35 orang peserta yang terdiri dari Dosen Departemen Ekonomi FEB UNAND, Mahasiswa Fasttract Departemen Ekonomi, Mahasiswa Magister Ekonomi dan Mahasiswa Doktor Ekonomi FEB UNAND. 

Sebelum workshop ini dilaksanakan, pemateri melakukan survei awal tentang konsep2 Teori ekonomi yang melandasi sebiah Penelitian bidang Ilmu Ekonomi kepada peserta. Berdasarkan asesmen awal tersbut masih ada dari Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana yang belum memahami konsep rasionalitas yang merupakan aspek fundamental dalam riset ilmu ekonomi. 

Selanjutnya, menurut Vid bahwa dalam mengidentifikasi topik-topik riset yang baik, seorang peneliti harus memahami permasalahan dan isu utama yang diangkat dalam sebuah penelitian. Kata kunci dari sebuah riset yang dilakukan dalam merumuskan permasalahan adalah "SO WHAT". Hal ini penting agar penelitian yang telah dilakukan dengan susah payah dianggap tidak memberikan nilai apa2 sama sekali karena waktu dan sumberdaya yang dikeluarkan sudah banyak terutama untuk mahasiswa pascasarjana. 

Terakhir Ketua Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI ini juga menjelaskan bahwa prinsip dasar dalam membangun Model Teoritis Ekonomi adalah kemampuan seorang peneliti dalam membangun transmisi variabel penelitian. Kemampuan ini bisa dilakukan dengan baik jika seorang peneliti mampu mengekplorasi referensi terkait dalam sebuah penelitian yang dilakukan. Workshop ini diikuti oleh peserta secara antusias dengan mengemukakan beragam permasalahan baik dari sisi teoritis dan empiris dari penelitian yang akan dan sedang dilakukan peserta. (fm14.11.22)

16 November 2022

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) baru saja mengirimkan Tim kerja Pendirian Program Studi Ekonomi/Ekonomi Maritim Fakultas Ekonomi (FE) UMRAH ke Departemen Ekonomi FEB UNAND untuk berdiskusi secara mendalam tentang aspek-apsek penting yang dibutuhkan dalam mendirikan Program Studi. Kunjungan kerja ini berlansung dari tanggal 15-17 November 2022 di Universitas Andalas. Tim UMRAH ini dipimpin oleh ibu Bunga Paramita, SE, M.Si yang didampingi oleh Bapak Rafky RS, SE, MM dan Bapak Fradya Randa, SE, ME mendiskusikan tentang kebutuhan finalisasi Proposal Pendirian Program Studi, Kurikulum, Rancangan Progran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Tugas dan Fungsi Departemen/Program Studi, SOP Akademik, Penjaminan Mutu, Lembaga Penunjang Departemen, dan Pengembangan Jurnal Ilmiah. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari MOU yang telah dilakukan FEB UNAND bersama FE UMRAH beberapa waktu lalu. 

Tim UMRAH ini disambut secara langsung oleh Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND Dr. Fajri Muharja yang didampingi oleh Kepala Program Studi Magister Ekonomi FEB UNAND Dr. Neng Kamarni, dan Direktur Lembaga Penelitian Ekonomi Regional FEB UNAND Dr. Yulia Anas. Pertemuan ini membahas tentang kebutuhan akan uniqueness dari Program Studi yang akan didirikan di UMRAH. Mengingat Indonesia memiliki visi sebagai negara poros maritim dunia. Sangat strategis sekali UMRAH untuk melahirkan sesegera mungkin Program Studi Ekonomi Maritim di Kepulauan Riau. Hal ini didasarkan kepada poisis strategis yang dimiliki Indonesia lintas perdagangan dunia yang menghubungkan jalur barat dan timur. 

Beberapa catatan penting yang direkomendasikan dalam pertemuan tersebut adalah Tim Pendirian Prodi ini harus mengakomodasi standar kurikulum yang sudah ditetapkan Asosiasi Program Studi Ekonomi Pembangunan Indonesia (APSEPI). Selanjutnya Program Studi yang akan didirikan ini harus menjadikan mata kuliah wajib antara lain: Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Ekonomi Energi, Ekonomi Pesisir dan Kelautan, Ekonomi Regional, Ekonomi Energi dan sebagainya. 

Disamping itu, FE UMRAH dan Departemen Ekonomi FEB UNAND menindaklajuti dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang relevan dalam pengembangan Sumberdaya dalam Pendirian Program Studi agar terujud sesegera mungkin untuk mengantisipasi kebutuhan pembanguan Sektor Ekonomi Maritim di Indonesia dan kawasan ASEAN. 

Pertemuan ini berlangsung akrab di ruang sidang Departemen Ekonomi FEB UNAND dalam suasana hujan yang cukup deras di kampus Unand Limau Manis. (fm/11/16/22)

 

 

Jurnal Link

AKREDITASI DAN SERTIFIKASI

AKREDITASI DARI PERKUMPULAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI EKONOMI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI (LAMEMBA)

 

ACCREDITATION FROM FOUNDATION FOR INTERNATIONAL BUSINESS ADMINISTRATION ACCREDITATION (2022-2027):

 

BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI (BAN-PT) (2021)



CERTIFICATION FROM ASEAN UNIVERSITY NETWORK-QUALITY ASSURANCE (AUN-QA):

 

Visitors Counter

665261
Today
This Week
This Month
All days
127
127
19091
665261