Admin Ilmu Ekonomi

Admin Ilmu Ekonomi

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.

Dibawah ini disampaikan hasil Ujian Komprehensif Tertulis (UKT) Periode 2 Tahun 2023 Program Studi Ekonomi Program Sarjana Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unand sebagai berikut :

1. Ekonomi Mikro - download

2. Ekonomi Makro - download

3. Metrik - download

Padang, 3 Juli 2023

Ketua Departemen Ekonomi

Dr. Fajri Muharja, SE, M.Si

02 Mei 2023

Departemen Ekonomi FEB UNAND dalam mengimplementasikan kebijakan Fungsional Dosen pasca penetapan Peraturan Menteri PAN RB No. 1 Tahun 2023 menyelenggarakan tahapan Sidang Pleno DUPAK (Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit) selama 3 (tiga) hari sejak Sabtu-Senin (29 April - 1 Mei 2023). Berkenaan kebijakan ini dianggap penting dan strategis, pelaksanaan sidang pleno di tingkat dosen yang dilaksanakan secara online dan terbuka memanfaatkan waktu libur selama 3 hari muali jam 09:00 - 16:00 WIB. Sidang Pleno ini diikuti oleh 48 Dosen Departemen Ekonomi yang melakukan verifikasi data Dupak untuk dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan kampus UNAND Padang dan Kampus UNAND Payakumbuh. Sidang Pleno ini dipimpin langsung oleh Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND Dr. Fajri Muharja dan dengan 2 (dua) Tim Reviewer DUPAK Internal yang ditunjuk Departemen yaitu Abdul Khaliq, SE, MA dan Arie Sukma, SE, M.Ec. Pleno ini dilakukan secara terbuka dan bergiliran untuk masing-masing dosen yang mengajukan pengakuan angka kredit sesuai dengan ketentuan Permen PANRB No. 1 Tahun 2023). 

Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND menyatakan bahwa sidang pleno ini merupakan sebuah tahapan dari suatu rangkaian proses Pennilaian dan pengakuan angka kredit dari masing-masing dosen. Kegiatan ini memberikan dampak baik bagi dosen departemen yang sebelumnya kurang "aware" dengan permasalahan administrasi kinerja yang telah dilaksanakan selama menjalankan tugas sebagai staf pengajar di Universitas Andalas. Departemen Ekonomi menjadikan hal ini sebagai momentum strategis untuk melakukan pemetaan kembali terhadap jabatan fungsional dosen dan dapat dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan rencana strategis dalam pengembangan SDM Depattemen Ekonomi d masa datang. 

Dalam proses penyusunan dan pengisian DUPAK tersebut, Departemen Ekonomi memberikan bantuan khusus tenaga pendamping dalam melakukan entri data kinerja dosen dengan mengerahkan asisten untuk masing-masing dosen yang berjumlah sebanyak 14 orang. Bantuan ini diberikan untuk memudahkan dosen dalam melakukan proses penyiapan dan finasilsasi data kinerja yang harus memiliki bukti yang dapat dipertanggung jawabkan. Berdasarkan hasil evaluasi sementara tercatat bahwa cukup banyak dosen Departemen ekonomi yang semestinya sudah layak melakukan kenaikan pangkat namun tidak dilaksanakandalam kurun waktu sampai belasan tahun lamanya. Untuk kepentingan institusi khususnya Departemen Ekonomi, proses ini merupakan sebuah langkah strategis yang harus direspon oleh semua fihak agar di masa datang sebagai insan profesional dosen bekerja memiliki data administrasi kinerja yang baik. (FM/02/05/23)

 

15 April 2023

Himpunan Mahasiswa Departemen Ekonomi FEB UNAND dalam bualn Suci Ramadhan 1444 H di penghujung Jadwal Mid-Term Semester Genap 2022/2023 menyempatkan diri melaksanakan program kerja Anjangsana dan Berbuka Puasa Bersama di Panti Asuhan Aisiyah Cabang Ampang Kota Padang. Mahasiswa Departemen Ekonomi FEB UNAND barusaja dalam 2 (dua) minggu terakhir melaksanakan Ujian Mid Semester untuk semua mata kuliah yang mereka ikuti dalam suasana Ibadah Puasa Ramadhan 1444H. 

Ketua Himpunan Mahasiswa Departemen Ekonomi FEB UNAND Muhammad Hanafi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan Program Kerja tahunan dari Himpunan yang bertujuan membangun kemampuan sikap dan moral dari mahasiswa Departemen Ekonomi yang memiliki kepedulian terhadap kondisi lingkungan masyarakat. Hal ini dapat memberikan pembelajaran bahwa sebagai calon ekonom setidaknya mampu memahami problem yang ada dalam masyarakat dan mencarikan alternatif solusi yang tepat. 

Kegiatan anjangsana dan Berbuka Puasa bersama ini di dampingi oleh dosen muda Departemen Ekonomi FEB UNAND yaitu Ibu Adila Adisti, SE, M.Ec (Pembina HIMA Ekonomi FEB UNAND) dan Ibu Ratih Ramadhani, SE, MSE. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 April 2023 dimulai pada jam 17:00 sampai selesai. 

Jurnal Link

AKREDITASI DAN SERTIFIKASI

AKREDITASI DARI PERKUMPULAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI EKONOMI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI (LAMEMBA)

 

ACCREDITATION FROM FOUNDATION FOR INTERNATIONAL BUSINESS ADMINISTRATION ACCREDITATION (2022-2027):

 

BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI (BAN-PT) (2021)



CERTIFICATION FROM ASEAN UNIVERSITY NETWORK-QUALITY ASSURANCE (AUN-QA):