Profil

Profil (59)

Kamis, 13 Juli 2023 11:58

Alur MBKM

Written by

ALUR MBKM SETELAH MAHASISWA DINYATAKAN LULUS MENGIKUTI PROGRAM MBKM

 

 

 

Untuk pengajuan Surat Rekomendasi MBKM, silahkan diisi link berikut :

https://bit.ly/REKOMENDASI-MBKM

Kamis, 01 September 2022 07:59

KURIKULUM S3 EKONOMI

Written by

PENGANTAR 

Program Studi Ekonomi Program Doktor (PSEPD) menyelenggarakan pendidikan berdasarkan SK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen-Dikti) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 62/D/T/2009. Program studi ini merupakan sebuah jawaban terhadap kebutuhan peningkatan kualitas sumberdaya manusia dalam menghadapi kecepatan perubahan kondisi perekonomian baik di tingkat lokal, nasional dan global. Mahasiswa program studi ini dapat melakukan penguatan kopentensi keilmuan ekonomi dan berbasis bidang ilmu yang ditekuni sebelumnya.

Program Studi Ekonomi Program Doktor selalu menyesuaikan diri dengan dinamika, perkembangan, dan perubahan perekonomian lokal, nasional dan dunia. PSEPD melakukan upaya pemutakhiran kurikulum berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan melakukan benchmarking terhadap Program Studi Doktor Ekonomi bereputasi di Indonesia (Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada) dibawah Asosiasi Program Studi Ekonomi (APSEPI) dan Universitas bereputasi tingkat dunia baik di Asia, Eropah maupun di Amerika Serikat. Program Studi Ekonomi Program Doktor membekali mahasiswa dengan pemahaman teoritis dan kecakapan melakukan kajian empiris setara dengan KKNI level 9. Dengan kurikulum termutakhir 2018 (SK Rektor nomor 1840/XIV/R/KPT/2018), Program Doktor Ilmu Ekonomi merancang skema perkuliahan dan komponen riset yang mampu menuntun para kandidat doktor untuk menghasilkan karya ilmiah yang bereputasi internasional.

PENYELENGGARAAN PROGRAM

PSEPD FEB UNAND merencanakan output dari lulusannya untuk menjadikan Doktor Ekonomi yang mampu memahami konsep dan teori ekonomi secara mendalam; mampu merumuskan permasalahan ekonomi secara terstruktur berdasarkan kaidah ilmiah, logis, sistematis, dan kreatif; mampu memberikan solusi permasalahan ekonomi dengan mengembangkan kajian teoritis dan metoda empiris terkini dan termaju melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, atau transdisipliner; serta mampu meghasilkan karya ilmiah dengan kebaharuan yang teruji secara nasional dan internasional

Program Studi Ekonomi Program Doktor menyelenggarakan program pendidiikan dengan 3 (tiga) jalur: 1) Doktor Ekonomi (By Reseacrh Program), 2) Doktor Ekonomi (Program Reguler), dan Doktor Ekonomi (Fasttract Program)

 

PROGRAM DOKTOR EKONOMI (BY RESEARCH)

Program doctor by research (dengan tugas dan penelitian) merupakan jalur program doktor dengan penelitian (dengan tugas dan penelitian), terdiri dari 7 SKS Topik Khusus I dan II serta 37 SKS serangkaian riset Disertasi. Riset disertasi ini terdiri dari seminar proposal (Kolokium), Penelitian dan Laporan Tahap 1, Publikasi Artikel Literature Review, Penelitian dan Laporan Tahap 2, Pemakalah Seminar Ilmiah Nasional/Internasional, Penelitian dan Laporan Tahap 3, Publikasi Ilmiah Nasional terakreditasi/International Terindeks, Penulisan Disertasi, Publikasi Ilmiah Internasional Bereputasi, Seminar Hasil dan Ujian Doktor.  Alur kurikulum pada program ini terlihat berikut ini :

 Mahasiswa Program Doktor Ekonomi melakukan penelitian secara mandiri di bawah bimbingan Promotor dan Ko-Promotor yang ditunjuk Program Studi. Setiap semester, mahasiswa tetap terdaftar dengan mengambil aktifitas (mata kuliah). Publikasi dan pemakalah merupakan kegiatan mahasiswa yang menunjang riset dan publikasi sebagai persyaratan untuk dapat dinyatakan lulus pada program Doktor Ekonomi. Tim Pembimbing memberikan penilaian lulus untuk setiap laporan kemajuan setiap tahapan yang dibebankan dalam tiap semesternya. Setiap laporan kemajuan tersebut dipresentasikan di depan tim promotor dan makalahnya dikoleksi di Sekretariat Pascasarjana FEB Universitas Andalas.

Senin, 18 Juli 2022 08:19

Lupa Pasword

Written by

Prosedur Pengurusan Jika Lupa Pasword:

  • Membuat Surat Permohonan Permintaan Pasword Baru Ditujukan Ke ICT Departemen Ekonomi dengan Materai 10.000
  • Pengurusan Langsung ke ICT Biro Departemen Ekonomi

nb: Surat dibuat sendiri tidak ada format khusus

Kamis, 07 Juli 2022 11:10

Blanko Kartu Seminar dan Bimbingan

Written by

Ketentuan dalam Mencetak/Memprint Blanko:

1. Blanko Kartu Seminar dan Bimbingan di Cetak dengan Menggunakan Kertas Tebal (Seperti Kertas Sertifikat) dan Berwarna Abu-Abu

2. Kartu Seminar dicetak 1 lembar (Timbal Balik)

Jumat, 27 Mei 2022 16:10

ACADEMIC ASSISTANT

Written by

Dalam Proses.......

Strengthening the SDGs Programs Cooperation and Implementation

Halaman 1 dari 5

Jurnal Link

AKREDITASI DAN SERTIFIKASI

AKREDITASI DARI PERKUMPULAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI EKONOMI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI (LAMEMBA)

 

ACCREDITATION FROM FOUNDATION FOR INTERNATIONAL BUSINESS ADMINISTRATION ACCREDITATION (2022-2027):

 

BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI (BAN-PT) (2021)



CERTIFICATION FROM ASEAN UNIVERSITY NETWORK-QUALITY ASSURANCE (AUN-QA):