13 November 2022

Departemen Ekonomi FEB UNAND kembali melaksanakan Seminar Nasional Hasil Penelitian Dosen dan Peneliti pada tanggal 12 November 2022 jam 08:00 -16:00 WIB. Kegiatan seminar nasional ini dilaksanakan secara terbuka untuk kalangan akademisi, mahasiswa S1, S2 dan S3 baik yang berada di lingkungan Depatemen Ekonomi FEB UNAND maupun dari Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia. Tema utama dari Seminar nasional yang diselenggarakan secara virtual adalah "Pembangunan Berkelanjutan dan Ekonomi Regional di Indonesia". 

Seminar Nasional ini dibuka oleh Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND yang diikuti oleh 11 peneliti dari Departemen Ekonomi FEB UNAND yang mendapatkan hibah penelitian dari Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Tahun 2022. Peneliti-peneliti tersebut antara lain adalah 1) Dr. Maryanti dkk, Dr. Fery Andrianus dkk, Dr. Sri Maryati, dkk, Dr. Neng Kamarni, dkk, Arie Sukma, SE, M.Ec dkk, Lukman, SE, M.Si dkk, Abdul Karib, dkk. Beberapa peneliti tidak bisa hadir menpresentasikan hasil penelitian masing-masing karena berbagai kendala. Tim peneliti yang terbentuk sebagian besar merupakan kolaborasi peneliti dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti kolaborasi dengan tim peneliti dari Universitas Bung Hatta Padang, Universitas Airlangga, dan beberapa perguruan tinggi di Sulawesi. 

Seminar ini menghadirkan 2 reviewer yang mumpumi dalam bidang ekonomi yaitu Prof. Dr. Syafruddin Karimi, Guru Besar FEB UNAND dan Bapak Setyo Tri Wahyudi Ph. D, Dosen dan Reviewer Jurnal dari FEB Universitas Brawijaya Malang. Kehadiran 2 reviewer/penelaah penelitian ini memberikan masukan yang konstruktif dari penelitian yang telah dilakukan agar dapat dilanjutkan kepada tahap publikasi di Jurnal Nasional maupun internasional bereputasi. 

Proses diskusi dalam membahas hasil riset peneliti Departemen Ekonomi cukup dinami dan mendapat tanggap yang konstruktif dari berbagai peserta yang hadir baik dari Mahasiswa Asing yang ada di Universitas Brawijaya, dari Dosen Ekonomi yang sedang berada di Tual Timur Indonesia. 

Berbagai pihak mengapresisiasi pelaksanaan seminar nasional dari hasil riset dan dosen/peneliti Departemen Ekonomi ini dalam rangka meningkatkan kontribusi penelitian agar dapat berkontribusi untuk kejayaan bangsa. 

 

12 November 2022

Lembaga Penelitian Ekonomi Regional (LPER) FEB UNAND dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk "Outlook Ekonomi dan Pengangguran Terkini di Indonesia" Jumat, 18 November 2022 di Ruang Seminar Pascasarjana FEB UNAND. Seminar Nasional ini menghadirkan pembicara utama Direktur Statistik Harga, Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat yaitu Dr. Windhiarso Ponco Adi Putranto, S.Si, M. Eng. Kemudian Pembicara lainnya adalah Direktur Lembaga Penelitian Ekonomi Regional (LPER) FEB UNAND Dr. Yulia Anas dengan Moderator adalah Dr. Elvina Primayesa (Dosen Departemen Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas. 

Dr. Windhi sebagai Alumnus Program Doktor Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi FEB UI menjalaskan bahwa pada fase new normal pandemi Covid 19 memperlihatkan kondisi ekonomi Indonesia cenderung kepada pemulihan yang makin terarah meskipun terdapat beberapa gangguan dari perubahan kondisi ekonomi di tingkat global. Beberapa tekanan ekonomi indonesia dalam beberapa bulan terakhir adalah terjadinya inflasi yang tinggi berbarengan dengan kenaikan harga BBM di Indonesia. Hal ini jelas sangat mempengaruhi proses pemulihan ekonomi Indonesia saat ini dan di masa datang. Memasuki tahun 2023, masyarakat Indonesia juga dikhawatirkan akan belum tuntasnya ketegangan Rusia vs Ukarina. Hal ini juga memberikan pengaruh terhadap perekonomi nasional dan daerah. 

Permasalahan pengangguran di tingkat nasional dan daerah memiliki dampak yang serius yang diakibatkan oleh pandemic Covid 19. Namun dalam beberapa bulan terakhir, perekonomian nasional dan daerah mulai mengalami perbaikan seiring dengan mulai bangkitnya kegiatan ekonomi masyarakat dan mobilitas penduduk. 

 

Dr. Yulia Anas lebih menyoroti permasalahan tenaga kerja di Sumatera Barat agar dapat mengurangi pengangguran di Sumatera Barat, Pemerintah perlu memperkuat sektor UMKM di Sumatera Barat agar memiliki kemampuan untuk bisa akses terhadap teknologi Informasi dalam mengembangkan usaha di masa datang. 

Seminar ini secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan II FEB UNAND Dr. Fery Andrianus, SE, M.Si. Seminar ini juga di hadiri oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Propinsi Sumatera Barat. Ibu Ir. Herum Fajarwati, M.M beserta jajaran Staf dan Karyanan BPS tingkat Propinsi dan Kabupaten Kota di Sumatera Barat. Seminar Nasional ini dilaksanakan secara Hybrid dan juga diikuti oleh Civitas Akademika Universitas Andalas yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa S1, S2, dan S3 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. (FM18.11.11)

13 Oktober 2022

Dua mahasiswa Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis SYAHDAN RAMADANU dan FIKA RAHMADHANI terpilih sebagai utusan Universitas Andalas dalam Kompetisi Nasional Duta Sustainable Development Goals (SDG's) 2022-2024. Sebagai rangkaian dari penyelenggaraan SDGs Annual Conference 2022 (Konferensi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Tahunan 2022) Indonesia, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas selaku koordinator pelaksanaan TPB/SDGs Indonesia akan mengadakan kompetisi Duta Kampus SDGs ke-dua untuk periode 2022–2024. Kompetisi ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan keterlibatan dan peranserta kalangan akademisi dan kaum muda di lingkungan kampus. Untuk itu Kementerian PPN/Bappenas mengundang 34 perguruan tinggi/universitas yang telah membentuk SDGs Centers/SDGs Hub/SDGs Network/Satgas SDGs, termasuk perguruan tinggi/universitas yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengikuti kompetisi ini secara virtual. 

setiap perguruan tinggi/universitas dapat berpartisipasi dan terlibat dalam kegiatan ini untuk mendukung penyebarluasan TPB/SDGs di lingkungan kampus dan masyarakat sekitar melalui peran Duta Kampus SDGs yang berasal dari mahasiswa dan mahasiswi. Syarat keikutsertaan dalam Kompetisi Duta Kampus SDGs 2022. 

Kementerian PPN/Bappenas sebagai Koordinator Pelaksana SDGs di Indonesia mengajak seluruh pemangku kepentingan dan juga masyarakat umum untuk terus menjaga semangat agar upaya pencapaian TPB/SDGs di Indonesia tetap sesuai target. Selain itu upaya untuk terus memikirkan bersama cara pencapaian tersebut juga menjadi tanggung jawab seluruh platform partisipatif. Untuk itu, Kementerian PPN/Bappenas selaku Koordinator Pelaksanaan SDGs di Indonesia mengadakan kegiatan dalam berbagai bentuk dengan melibatkan partisipasi anak muda sebagai bentuk aksi nyata pemuda-pemudi dalam berkontribusi pada SDGs Indonesia.

Tujuan Khusus: a) Meningkatkan pengetahuan, kapasitas, dan keterampilan mahasiswa dan mahasiswi tentang TPB/SDGs; b) Meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam pengembangan program dan kegiatan-kegiatan nyata dan konkret untuk mengimplementasikan TPB/SDGs di lingkungan kampus dan masyarakat; c) Mengembangkan potensi mahasiswa dan mahasiswi melalui implementasi program dan kegiatan yang lakukan selama menjadi Duta Kampus SDGs Indonesia; d) Meningkatkan sosialisasi dan promosi TPB/SDGs di lingkungan kampus dan masyarakat; e) Mendukung program dan kegiatan Universitas dan SDGs Center terkait TPB/SDGs: f) Menciptakan keterlibatan dari mahasiswa dan mahasiswi untuk dapat memberikan dampak positif yang lebih luas kepada masyarakat terkait SDGs Indonesia.

 

08 Oktober 2022

Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND selaku Ketua Asosiasi Program Studi Ekonomi Pembangunan Indonesia (APSEPI) Periode 2021-2024 memimpin Pertemuan & APSEPI tgl 6-7 Oktober 2022 di Manado Propvinsi Sulawesi Utara. Terdapat dua tujuan utama pertemuan tahunan tersebut: Pertama, Diskusi Panel untuk menyikapi perkembangan kekinian persekononian Indonesia. Isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah Perekonomian Indonesia Menuju Perekonomian Berkelanjutan di Tengah Situasi Ketidakpastian Global. Keynote Speaker dalam Diskusi tersebut adalah Prof. Dr. Suahasil Nazara, Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia. Selanjutnya pembicara utama lainnya adalah Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Dr. Teguh Dartanto, Kepala Perwakilan Bang Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Arbonas Hutabarat dan Pakar Ekonomi Universitas Samratulangi Prof. Dr. Paulus Kindangen, SE, SU, MA. Sesi siang hari pertama dilanjutkan presentasi paper dari masing-masing pemakalah dari masing-masing universitas untuk mendapatkan masukan bagi semua peserta. 

Hari kedua pertemuan APSEPI dilanjutkan dengan Diskusi berkenaan dengan Akreditasi Lamemba bersama Dr. BM Purwanto dari Universitas Gadjah Mada. Selanjutnya pertemuan ini dilanjutkan dengan Sidang Pleno yang menetapkan berbagai kebijakan APSEPI yang dapat dijadikan sebagai acuan bagi masing-masing program studi Ekonomi Pembangunan di Indonesia berkenaan dengan Kurikulum, Penelitian, Pengelolaan Jurnal, Pengabdian Masyarakat, Kerjasama dan Kebijakan Pengembangan Organisasi dan Penguatan Kelembagaan APSEPI. 

Pertemuan APSEPI 7 di Manado ini dihadiri oleh 57 utusan masing-masing program Studi dengan jumlah peserta sebanyak 128 orang. Pertemuan APSEPI 7 Manado merupakan pertemuan yang dihadiri banyak peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa keputusan utama dalam sidang pleno ini menyepakati: 1) menerima Universitas Swasta sebagai anggota APSEPI dengan syarat tertentu, 2). menditailkan Kurikulum acuan dasar dari APSEPI sebagai pedoman untuk masing-masing anggota. (FM081022)

 

25 September 2022

Departemen Ekonomi FEB Universitas Andalas (UNAND) mendapatkan kunjungan kehormatan dari Alumni Program Studi Ekonomi Pembangunan (EP) Angkatan 1992 di Ruang Pertemuan Departemen Ekonomi pada hari Sabtu, 24 September 2022 kampus Unand Limau Manis Padang. Pertemuan bersama alumni EP Angkatan 1992 ini berjalan dengan akrab dan penuh dengan suasana silaturahmi yang diikuti lebih dari 35 orang alumni.

 

Pertemuan alumni dengan Departemen Ekonomi FEB UNAND ini merupakan bagian dari kegiatan REUNI AKBAR Alumni Ekonomi Pembangunan FEB UNAND yang ke 30. Menurut Ketua panitia pelaksana reuni akbar ini Kakanda Yandrizon, SE, MM yang lebih dikenal di masa kuliah dulu “Ajo” (ASN di Pemkab Padang Pariaman) menjelaskan bahwa pertemuan dengan pihak Departemen/Jurusan Ekonomi bertujuan untuk membangun kolaborasi antara alumni dan kampus agar terus tetap terbangun sinergitas yang tinggi pada saat sekarang dan di masa datang. Dalam diskusi tersebut Ketua Departemen Ekonomi Dr. Fajri Muharja pemaparkan bahwa dewasa ini tantangan dan dinamika pendidikan tinggi telah mengalami perubahan yang sangat cepat.

 Dengan status Universitas Andalas sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) membutukan strategi dan kebijakan yang kreatif dan inovatif dalam memberikan kontribusi yang relevan terhadap perekonomian dan dunia usaha baik di tingkat lokal, nasional maupun global. Untuk itu sangat dibutuhkan sekali kerjasama dengan alumni semua angkatan dalam rangka menghasilkan lulusan mandiri dan berdaya saing global. Bentuk kerjasama yang dapat dilakukan adalah mengakomodasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Ketua Departemen juga menyampaikan perlu terus dibangun kerjasama dengan alumni untuk semua angakatan (lebih kurang 60 angkatan) dengan sumberdaya yang sangat besar sejak berdirinya FEB UNAND tahun 7 September 1957

 

Ketua Departemen juga menjelaskan bahwa Program Studi Ekonomi (S1) saat ini baru saja mendapatkan akreditasi internasional FIBAA (Foundation International Business Administration Accreditation) 2022 yang berkedudukan di Jerman. Sebelumnya Program Studi Ekonomi S1 ini juga telah mendapatkan Sertifikasi Internasional dari AUN-QA (ASEAN University Network – Quality Assurance) 2021. Untuk ketiga Program Studi Ekonomi S1, S2, dan S3 saat ini sudah terakreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek-Dikti.  Dalam diskusi tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Departemen Ekonomi Dr. Delfia Tanjung Sari, dan Kepala Program Studi Magister Ekonomi Dr. Neng Kamarni dan di LO Mahasiswa S1 2021 (Radha, Hana, Qaulan, Aqil, dan Usamah)   

Beberapa masukan dari alumni dalam membangun menghasilkan alumni memiliki daya saing yang tinggi disampaikan oleh Kakanda Dodi Prihardi, SE, M.Sc (Kementerian Keuangan RI) yang menyatakan bahwa hal yang mendasar bagi lulusan yang dibutuhkan saat ini adalah “leadership”. Hal ini penting karena di samping kemampuan akademik, dunia kerja juga memerlukan kemampuan leadership dari lulusan. Di samping itu, Uni Lusi Irawati, SE, M.Sc (Otoritas Jasa Keuangan/OJK) juga menambahkan bahwa kompetensi bidang dari mahasiswa dan lulusan harus terus diperkuat.

Beberapa deretan alumni angkatan 1992 yang hadir dalam diskusi tersebut adalah Uni Hasta Yuniar (Bank Mandiri), Yeni Tamar Bank Nagari Sumatera Barat, lebih dari 10 orang alumni bertugas di Pemerintah Propinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia, Manager di perusahaan perkebunan (Uda Afrizon dan Uda Desril), 4 orang alumni bergelar S3 (Doktor) (Dr. Endrizal Ridwan, Dr. Fery Andrianus, dan Dr. Edi Ariyanto) di UNAND dan Dr. Davy Hendri UIN Imam Bonjol Padang, Pengusaha percetakan (uda Immaldi) di Jakarta, Pengusaha Perjalanan Wisata dan kuliner, Pengusaha Bisnis Properti di Padang, Pekanbaru dan Jakarta. Semua alumni terus mengharapkan semoga Jurusan/Departemen Ekonomi FEB UNAND terus berbenah diri dalam menghasilkan lulusan yang mandiri dan berdaya saing secara global.

Rangkaian acara silaturahmi Alumni ini dilanjutkan juga dengan pertemuan di rumah dosen senior Prof. Dr. Syafruddin Karimi, Makan dan ngupi bareng dan mendengarkan dendang lagu alumni di Restoran Daima (FM240922)

14 September 2022

Departemen Ekonomi FEB Universitas Andalas pada hari rabu, 14 September 2022, mendapat kunjungan kerja akademik dari Tim Jurusan Ekonomi Pembangunan FEB Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA). Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan studi komparatif terhadap pengelolaan Program Studi Ekonomi Program Sarjana (PSEPS) yang telah mendapatkan akreditasi internasional dari Foundation International Business Administration Acreditation (FIBAA) tahun 2022 dan pengembangan Program Internasional Kelas Berbahasa Inggris. 

Kunjungan Tim Jurusan Ekonomi Pembangunan FEB UNIRTA juga bersamaan dengan kunjungan Tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTIRTA yang terdiri Dekan, Wakil Dekan dan Ketua Jurusan Manajemen dan Ketua Jurusan Akuntansi.  Dr. Hady Sutjipto, S.E., M.Si. sebagai Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan FEB UNTIRTA yang juga didampingi oleh ketua Program Studi Magister Ekonomi FEB UNTIRTA menyatakan perlu dibangun kerjasama akademik antar kedua jurusan/departemen dalam pengembangan akademik di masa datang. Dr. Fajri Muharja sebagai ketua Departemen Ekonomi FEB Universitas Andalas menyambut baik hal tersebut dan menyatakan bahwa capaian akreditasi internasional FIBAA yang dicapai saat ini merupakan sebuah rangkaian kerja tim secara bersama-sama dalam mewujudkan visi dalam membangun Departemen Ekonomi dalam menghasilkan lulusan yang mandiri dan berdaya saing global. 

Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND dalam menyambut rombongan tersebut didampingi oleh Ketua Program Studi Ekonomi Program Sarjana (Program Internasional) Hadi Rahadian, SE, M.Sc, Ketua Program Studi Ekonomi Program Magister (PSEPM) Dr. Neng Kamarni dan Sekretaris Program Studi Ekonomi Program Doktor (PSEPD) Dr. Febriandi Prima Putra.  

Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND juga menjelaskan bahwa pengembangan Program Studi Ekonomi Program Sarjana untuk kelas internasional telah dirintis sejak tahun 1996 dengan nama awal adalah kelas berbahasa inggris. Program ini merupakan kebijakan program yang sangat strategis yang telah dibangun dan dikembangkan untuk mewujudkan kualifikasi departemen ekonomi menghasilkan lulusan berdaya saing global. Diskusi antara kedua departemen/jurusan berjalan sangat serius dan santai bertempat di ruang ketua Departemen Ekonomi. 

Setelah kunjungan Tim Jurusan Ekonomi Pembangunan, Rombongan Dekanat dan Jurusan Manajemen dan Akuntansi UNTIRTA selesai di Kampus UNAND Limau Manis. Rombongan melanjutkan perjalanan menikmati keindahan alam Sumatera Barat dan Wisata kuliner dan Wisata Budaya yang ada di Kota Padang, Bukittinggi, Batusangkar dan lainnya (FM14/0922)

08 September 2022

Dalam rangka memeriahkan LUSTRUM XIII Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas, Grup Band Mahasiswa Departemen Ekonomi FEB UNAND dengan komposisi personil Vokalis (Syahira - Mahasiswa E Program Internasional 2021), Keyboard (Kezia - Mahasiswa E Program Internasional 2021), Guitar (Tri Julian - Mahasiswa Kelas Reguler E 2021), dan Bass (Farhan - Mahasiswa E Kelas Reguler 2021) berkolaborasi dengan Drumer - Dr. Fajri Muharja (Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND). Penampilan Grup Band ini mendapatkan sambutan meriah dari penonton yang memadati Ball Room Hotel Pangeran Beach Kota Padang. 

Penampilan Kolaborasi Band ini adalah dalam kegiatan silaturahmi dan gala dinner antara Civitas Akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni beserta undangan lainnya. Kegiatan malam silaturahmi ini juga dimeriahkan oleh penampilan grub band dosen Departemen Manajemen, Vokal Grup Dosen Akuntansi dan Band Tenaga Kependidikan FEB UNAND dan Grub Band Mahasiswa FEB Kampus II Payakumbuh. 

Acara tersebut berlangsung sangat meriah yang dihadiri Undangan Kehormatan Bapak Dr. Hefrizal Handra (Wakil Rektor Bidang Kerjasama Universitas Andalas. Acara ini dihadiri oleh Dekan FEB UNAND Dr. Efa Yonnedi, Wakil Dekan I FEB UNAND, Dr. Endrizal Ridwan, Wakil Dekan II FEB UNAND Dr. Fery Andrianus, Anggota Wali Amanat UNAND Prof. Dr. Werry Darta Taifur, Ketua-ketua Departemen, Koordinator Program. Ketua Program Studi, Dosen dan Alumni. 

Acara malam silaturahmi dan penampilan bakat civitas akademikan FEB UNAND juga diikuti antusias oleh warga FEB UNAND karena kegiatan tersebut dilselingi dengan DOOR PRIZE yang sangat beragam dengan hadiah utama Motor Honda Revo. Acara Lustrum FEB UNAND mendapatkan dukungan dari PT Asuransi Askrida,Bank Nagari Sumatera Barat, Bank BNI, Bank Syariah Indonesia (BSI) Bank Mandiri, PT. Semen Padang, Tekomsel, dan sponsor lainnya. (FM080922)

07 September 2022

Departemen Ekonomi FEB Universitas Andalas kembali meraih penghargaan Juara 1 Lomba GREEN CAMPUS PROGRAM untuk Unit Kerja di Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. Penghargaan ini diperoleh dalam rangka Lustrum XIII Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Unit Dharma Wanita Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas 

Tujuan utama pelaksanaan program ini adalah masing-masing unit kerja yang ada di lingkungan FEB UNAND dapat menciptakan dan mengembangan suasana hijau dengan tanaman hidup berupa bunga dan asri dengan memanfaatkan ruang yang ada terutama di dalam ruangan. Program ini telah berlansung sejak 2020 dan Departemen Ekonomi tercatat sudah 3 kali menaih juara dalam kegiatan ini

Jurnal Link

AKREDITASI DAN SERTIFIKASI

AKREDITASI DARI PERKUMPULAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI EKONOMI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI (LAMEMBA)

 

ACCREDITATION FROM FOUNDATION FOR INTERNATIONAL BUSINESS ADMINISTRATION ACCREDITATION (2022-2027):

 

BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI (BAN-PT) (2021)



CERTIFICATION FROM ASEAN UNIVERSITY NETWORK-QUALITY ASSURANCE (AUN-QA):