07 September 2022

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Andalas, Sekretariat Komite Stabilitas SIstem Keuangan (KSSK) bekerjasama dengan, juga ISEI Padang mengadakan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan, atau yang biasa disebut dengan UU PPKSK. Sosialisasi dilaksanakan secara hybrid pada Selasa 6 September 2022 bertempat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas (Unand) dan menggunakan aplikasi zoom. Sosialisasi UU PPKSK ini dihadiri oleh 150 peserta offline dan lebih dari 190 orang peserta online, terdiri dari dosen dan mahasiswa FEB UNAND, juga Fakultas Ekonomi dari berbagai Universitas Negeri dan Swasta yang ada di Kota Padang. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari rangkaian perayaan LUSTRUM FEB Universitas Andalas ke XIII. 

Sosialisasi dibuka dengan pidato sambutan dari Dekan FEB UNAND, yg pada kesempatan ini diwakili oleh Bapak Dr. Fery Andrianus M.Si (Wakil Dekan II FEB UNAND), dilanjutkan dengan pidato kunci oleh Sekretaris KSSK, Bapak Suminto. S.Sos, M.Sc., Ph.D yang memperkenalkan tentang Komite Stabilitas Sistem Keuangan. Acara inti dari kegiatan ini adalah sesi diskusi panel yang dimoderatori oleh Ibu Yessy Andriani, SE, M. IDEC. Tampil sebagai narasumber pertama, Ibu Delfia Tanjung Sari, Ph. D, Dosen FEB UNAND yang juga merupakan pengurus ISEI Padang. Ibu Delfia memaparkan materi teori dan konsep tentang Stabilitas Sistem Keuangan dan Kebijakan Makroprudensial serta interaksi antara keduanya. Narasumber kedua yaitu Direktur Asesmen dan Kebijakan Stabilitas Sistem Keuangan Bapak Bambang Arianto S.E., M.A., Akt. yang memaparkan asesmen sektor keuangan dan perekonomian terkini, dilanjutkan oleh presentasi yang disampaikan oleh Direktur Manajemen Risiko dan Hukum, Bapak Dr. Ihda Muktiyanto, S.E.,M.Sc.. Beliau menyampaikan tantangan dan strategi dalam manajemen krisis berdasarkan pelajaran yang dipetik dari krisis sebelumnya, serta reformasi sektor keuangan yang sudah ditempuh dalam menjaga stabilitas sistem keuangan. Diakhir seni diskusi panel, dipilih 3 penanya terbaik pilihan panelis, yang berhak mendapatkan hadiah berupa souvenir KSSK.

Kegiatan ini diakhiri dengan kuis interaktif kahoot dimana 3 penjawab terbaik mendapatkan hadiah berupa gopay,  dan 5 pengisi kuesioner yang beruntung juga mendapatkan hadiah.

05 September 2022

Departemen Ekonomi turut serta mensukseskan Program International Visiting Professor yang merupakan program tahunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas dalam melaksanakan internasionalisasi dan implementasi akreditasi internasional yang barusaja di raih dari Foundation International Business Administration Acreditation (FIBAA) 2022. Kegiatan ini merupakan bagian capaian dari kinerja Universitas Andalas tentang visiting scholar dari mancanegara. 

Program ini memiliki keterkaitan dengan keikutan mahasiswa FEB UNAND dalam program IISMA. Sebagai profil visiting profesor tersebut adalah Karol Gil Marquez, Ph. D. dengan bidang ilmu adalah Economics dan Sosiology dari Boston University US. 

Kegiatan Visiting Professsor ini diselenggarakan dari tanggal 28 Agustus - 3 September 2022. Rangkaian acara yang dilaksanakan dalam program ini antara lain adalah: 1) Teaching: International Business, Culture and Economy, for opening of academic year of Postgraduate programs (Master of Economics, Master of Management and Master of Accounting FEB UNAND, 2) Teaching on Human Resources: Women in global the economy yang diikuti oleh mahasiswa Undergraduate Economics FEB UNAND, 3) Workshop on Market and Economic Research for Doctoral Students (Doctor of Economics and Doctor of Management Programs), dan 4) Teaching on Principles of Microeconomics for Undergraduate students (Economics, Management and Accounting). 

Kegiatan Visiting Professor ini sangat antusias diikuti oleh secara khusus oleh mahasiswa Departemen Ekonomi dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas. 

31 Agustus 2022

Rombongan Pimpinan dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu melaksanakan Program Benchmarking di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas pada 29 Agustus 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan komparasi studi pada bidang Pengelolaan Program Studi Internasional, Pengelolaan Jurnal Ilmiah dan Kerjasama Penelitian. Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan Universitas Bengkulu di Universitas Andalas dengan jumlah rombongan sebanyak 30 orang dosen yang menyebar di berbagai fakultas. Untuk kunjungan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAND, tim Universitas Bengkulu dipimpin oleh ibu Ratu Eva Febriani, SE, M.Sc. dengan 3 dosen lainnya. 

Rombongan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu disampbut secara langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM Akt, Wakil Dekan 1 FEB UNAND Dr. Endrizal Ridwan dan Kepala Departemen Ekonomi FEB UNAND. Dr. Fajri Muharja. Dalam pertemuan tersebut disampaikan bahwa Program Internasional Kelas Berbahasa Inggris Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas sudah dirintis semenjak tahun 1997 untuk Departemen Ekonomi, Departemen Manajemen dan Departemen Akuntnasi. 

Program rekrutment mahasiswa Program Internasional kelas berbahasa inggris ini dilakukan secara terbuka bagi mahasiswa yang telah dinyatakan lulus melalui seleksi resmi yang dilakukan Universitas Andalas. Proses penerimaan bagi mahasiswa Program Internasional ini tanpa dilakukan tambahan pungutan bayaran. Program Internasional kelas berbahasa Inggris ini merupakan produk unggulan bagi FEB UNAND dalam membangun reputasi masing-masing program Studi bereputasi Internasional.

Di samping itu kedua fakultas dan masing-masing departemen juga membicarakan berkenaan pengembangan jurnal dan kerjasama penelitian antar program Studi (FM300822)

 

29 Juli 2022

Departemen Ekonomi FEB UNAND melaksanakan workshop Penguatan Kapasitas dan Kompetensi Bidang Ilmu Ekonomi Regional untuk dosen dan mahasiswa Pascasarjana FEB UNAND. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 26-28 Juli 2022. Pembicara utama dalam workshop ini adalah Prof. Dr. Sjafrizal, SE, MA yang merupakan salah satu Dosen dan Peneliti Senior di bidang Ekonomi Regional ternama di Indonesia. Worksho ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM, Akt di ruang Seminar Prof. Hendra Esmara 

Peningkatan Kualitas pendidikan dan pengajaran pada Fakultas Ekonomi dan Business (FEB) Universitas Andalas sesuai dengan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), sudah sering dilakukan dimasa lalu perobahan kurikulum dalam bentuk penyesuaian mata kuliah yang diajarkan untuk setiap semester. Namun demikian, sampai saat ini jarang sekali dilakukan upaya peningkatan kualitas pengajaran melalui penyegaran dan pembaharuan materi kuliah untuk beberapa mata pelajaran penting. Dampak positif dari penyesuaian kurikulum akan dapat dimaksimalkan, bilamana upaya tersebut diikuti pula dengan kegiatan penyegaran, perbaikan dan pengembangan materi kuliah sesuai dengan kebutuhan kurikulum departemen masing-masing.

Dalam rangka inilah, FEB Universitas Andalas merencana untuk melakukan penyegaran, perbaikan serta pengembangan materi kuliah, khusus untuk mata pelajaran ilmu Ekonomi Regional. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk lokakarya dibawah bimbingan seorang gurubesar yang menguasai ilmu bersangkutan dan menulis buku ajar dalam ilmu ini. Lokakaria ini khusus dilakukan untuk beberapa orang dosen pemegang mata pelajaran bersangkutan serta dosen lain yang menaruh perhatian pada ilmu bersangkutan. Bahkan lokakarya ini juga melibatkan para mahasiswa Program Magister dan Doktor yang berencana untuk melakukan penelitian dalam ilmu ini. Tidak tertutup kemungkinan bahwa kegiatan ini dapat pula dilakukan kemudian hari untuk beberapa mata pelajaran lain sesuai dengan perkembangan kemampuan dosen pada FEB Universitas Andalas dewasa ini.

Secara lebih spesifik, tujuan dan sasaran yang ingin dicapai melalui penyegaran dan pengembangan mata kuliah ini adalah sebagai berkut: 1. Melakukan pembahasan serta diskusi terhadap pengembangan terbaru dalam Ilmu Ekonomi Regional sesuai dengan perkembangan ilmu ini dan kebutuhan pendidikan pada Departemen Ilmu Ekonomi, ; 2. Meningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran khusus untuk mata kuliah Ekonomi Regional serta ilmu terkait lainnya; 3. Membina dan mengembangan kemampuan dosen dan mahasiswa yang terkait khususnya dalam Mata Kuliah Ilmu Ekonomi Regional;

26 Juli 2022

Universitas Terbuka (UT) khususnya Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKBANG) melakukan kunjungan kerja di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas pada tanggal 25 Juli 2022 di Kampus Unand Limau Manis. Kunjungan ini dimpin oleh Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan FE UT Yosi Mardoni, SE, M.Sc yang didampingi oleh kepala pusat keilmuan LPPM UT ibu Dr. Etty Puji Lestari, S.E,.M.Si. dan beberapa dosen lainnya. 

Rombongan Universitas terbuka khususnya Jurusan Ekonomi Pembangunan ini disambut oleh Wakil Dekan II FEB Unand Dr. Fery Andrianus, didampingi oleh Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND Dr. Fajri Muharja, Ketua Program Studi Magister Ekonomi Dr. Neng Kamarni, dan Ketua Lembaga Penelitian Ekonomi Regional (LPER) FEB UNAND Dr. Yulia Anas.

Beberapa hal penting yang didiskusikan dalam pertemuan tersebut adalah pencapaian akreditasi internasional FIBAA pada dasarnya secara prinsip civitas akademika sebuah universitas harus memahami tentang sustainable quality improvement. Pengembangan program studi bereputasi internasional membutuhkan waktu dan kerjasama antar fihak terutama input dari berbagai stakholders yang relevan (User, Alumni, Mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan). 

Pertemuan juga mendiskusikan tentang keunggulan yang dimiliki Universitas Terbuka dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan perkuliahan terutama dalam kondisi pandemic Covid 19. Kedua Jurusan/Departemen ini juga membicarakan rencana kerjasama dalam penulisan Modul Mata Kuliah yang dibutuhkan oleh Universitas Terbuka berkenaan dengan Mata Kuliah bidang Ilmu Ekonomi. (FM250722)

27 Mei 2022

Oleh: Prof. Dr. Elfindri, SE, MA

Director Sustainable Development Goals (SDG's) Center  of Universitas Andalas

Vol. 01/A/V/2022

Memang sejak dulu dunia pendidikan kita sudah terjebak. Terjebak pada ukuran kualifikasi kognitif. Ini dijadikan standar untuk penerimaan siswa dan mahasiswa.

Tapi standar yang ingin dicapaipun dibentuk dengan proses penerimaan yang kompleks, berulang dan banyak skims. Demi mencari pemasukan di institusi pendidikan.

Sistem British tidak demikian. Di Australia, anak yang berbakat kognitif akan ketahuan di kelas 2 SMA. Mereka cukup mendaftar, dan departmen pendidikan membaginya ke seluruh PT yang ada. Bagi yg tidak berbakat, maka masuk ke Tafe colleage, sejenis pemenuhan keterampilan "psikomotorik".

Terang saja jika standarnya tinggi, maka akan kumpul siswa dan mahasiwa yang kognitif tinggi. Apakah mereka pintar karena institusi?

Jelas tidak. Institusi dan dosen tidak banyak memberikan nilai tambah. Apalagi tipologi mahasiswa pintar biasa tidakpun diajar akan pintar sendiri.

Sementara tugas institusi adalah memenuhi tambahan capaian kognitif. Toh pada akhir ini kognitif saja tidak cukup. Seperti yang dilansir dalam laporan World Economic Forum (2021).

Sewaktu kami mengelola seminar internasional "international confrence for education and social sciences" INTCESS yang bermarkas di Turkey, 2014-2018, salah satu artikel dari Findlandia mempresentasikan hasil riset. Sample 24 anak Findland yang memiliki nilai maksimum A, justru kehilangan karakter. Karena mereka tidak mendapatkan sesuatu value dalam proses pendidikan.

Anak pintar sering ditemukan tidak mahfum, kurang arif, kurang sensitif dengan lingkungan, dan apalagi sering mau menang sendiri.

Karakter mereka ketika di pasar kerja sering seperti batu loncat, civic education mereka lemah, dan biasa yang menjadi ukuran keberhasilan adalah materi (upah dan overan jabatan), nilai spritual tidak selalu sejalan dengan pencapaian kognitif.

Sikap tidak mau tau, benar sendiri, dan lemah dalam organizational skills, membuat mereka tersisih dan justru tidak berkembang. Sampai sampai buku yang ditulis "why the C grade Student pay for A grade?. Mengisahkan kebanyakan mahasiswa yang kelas tidak pintar sering berhasil dan membayar rekannya sebagai pekerja yang dulu adalah pintar.

Oleh karenanya Unand sebaiknya memantapkan sisi kognitif dan karakter dengan seimbang. Unsur yang ke dua ini lagi booming menjadi prioritas khususnya semenjak 10 tahun terakhir.

Dalam sebuah artikel tentang soft skills, unsur yang sangat diperlukan bagi alumni adalah kemampuan untuk mengeksekusi bersama ide hebat, dan mampu mewujudkannya untuk kepentingan publik. Dia bekerja dengan spritualitas yang tinggi dan konsisten.

Menghasilkan anak anak yang emosional baik sangat perlu dari orang tua yang berkarakter baik, juga lingkungan, serta di dunia pendidikan tinggi.

Oleh karenanya mengajarkan apa saja "expected learning outcomes" ELOs" mesti terintegrasi dengan mata pelajaran. Ini dibagi dan dicicil semenjak awal kelas sampai selesai pembelajaran.

Disamping juga diperlukan interaksi nyata antara ketokohan sebagai pedoman bagi generasi selanjutnya.

 

 

15 Februari 2022

The Department of Economics together with the Management, and Accounting Department Program are conducting Online Visits 14-17 February 2022 International Accreditation FIBAA (Foundation International Business Administration Accreditation for Undergraduate and Magister level Study Program

Assessment in the form of panel interviews is carried out to University management, Study Program Management, Lecturers, Students, Alumni, and education staff. The interview team from FIBAA confirmed the Self Evaluation Report (SER) document that had been prepared by each study program.

The purpose of this activity is to increase the capacity of the Undergraduate of Economics Study Program which had previously been accredited A from the National Accreditation Board - Higher Education (BAN-PT) and this Study Program was certified by the ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA)

Andalas University Rector Prof. Dr. Yuliandri, SH, MA officially welcomed the FIBAA Visitation Team online accompanied by the Vice-Rector 1, 2, 3, and 4. This activity was also fully supported by the Dean of the Faculty of Economics, Andalas University, Dr. Efa Yonnedi together with the Vice-Dean of the Faculty of Economics for Academic Affairs, Dr. Endrizal Ridwan, Vice-Dean of the Faculty of Economics for Resources Dr. Fery Andrianus, and Vice-Dean for Students and Cooperation, Dr. Ma'ruf.

According to the Head of the Department of Economics, Faculty of Economics, Andalas University, Dr. Fajri Muharja explained, this accreditation aims to develop and strengthen the capacity of the Economics Study Program both at the undergraduate and postgraduate levels to be able to compete at the global level in carrying out education, research, community service activities (UJ01)

 

 

07 Januari 2022

In order to strengthening the capacity and competence of lecturers and students in the field of research methodology, the Department of Economics, Andalas University held an Experimental Economics Workshop by presenting Prof. Bambang Juanda, Ph. D from IPB University - Indonesia. This workshop was attended online by more than 110 students and lecturers of the Department of Economics. This activity will be held on Thursday, January 6, 2022

Jurnal Link

AKREDITASI DAN SERTIFIKASI

AKREDITASI DARI PERKUMPULAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI EKONOMI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI (LAMEMBA)

 

ACCREDITATION FROM FOUNDATION FOR INTERNATIONAL BUSINESS ADMINISTRATION ACCREDITATION (2022-2027):

 

BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI (BAN-PT) (2021)



CERTIFICATION FROM ASEAN UNIVERSITY NETWORK-QUALITY ASSURANCE (AUN-QA):