07 Februari 2024

Selamat dan Sukses kepada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas atas nama Cyka Srihana Humaera (Prodi. Manajemen), Ikhbar Cendekia Rizky (Prodi. Ekonomi Islam), Muhammad Yusuf Hardha (Prodi. Ekonomi Islam) yang berhasil meraih JUARA II Lomba Olimpiade Ekonomi Islam tingkat Nasional pada "Sharia Economic Festival 2024" yang diselenggarakan oleh Universitas Ahmad Dahlan pada tanggal 4 - 6 Februari 2024 di Yogyakarta

 

02 Mei 2023

Departemen Ekonomi FEB UNAND dalam mengimplementasikan kebijakan Fungsional Dosen pasca penetapan Peraturan Menteri PAN RB No. 1 Tahun 2023 menyelenggarakan tahapan Sidang Pleno DUPAK (Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit) selama 3 (tiga) hari sejak Sabtu-Senin (29 April - 1 Mei 2023). Berkenaan kebijakan ini dianggap penting dan strategis, pelaksanaan sidang pleno di tingkat dosen yang dilaksanakan secara online dan terbuka memanfaatkan waktu libur selama 3 hari muali jam 09:00 - 16:00 WIB. Sidang Pleno ini diikuti oleh 48 Dosen Departemen Ekonomi yang melakukan verifikasi data Dupak untuk dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan kampus UNAND Padang dan Kampus UNAND Payakumbuh. Sidang Pleno ini dipimpin langsung oleh Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND Dr. Fajri Muharja dan dengan 2 (dua) Tim Reviewer DUPAK Internal yang ditunjuk Departemen yaitu Abdul Khaliq, SE, MA dan Arie Sukma, SE, M.Ec. Pleno ini dilakukan secara terbuka dan bergiliran untuk masing-masing dosen yang mengajukan pengakuan angka kredit sesuai dengan ketentuan Permen PANRB No. 1 Tahun 2023). 

Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND menyatakan bahwa sidang pleno ini merupakan sebuah tahapan dari suatu rangkaian proses Pennilaian dan pengakuan angka kredit dari masing-masing dosen. Kegiatan ini memberikan dampak baik bagi dosen departemen yang sebelumnya kurang "aware" dengan permasalahan administrasi kinerja yang telah dilaksanakan selama menjalankan tugas sebagai staf pengajar di Universitas Andalas. Departemen Ekonomi menjadikan hal ini sebagai momentum strategis untuk melakukan pemetaan kembali terhadap jabatan fungsional dosen dan dapat dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan rencana strategis dalam pengembangan SDM Depattemen Ekonomi d masa datang. 

Dalam proses penyusunan dan pengisian DUPAK tersebut, Departemen Ekonomi memberikan bantuan khusus tenaga pendamping dalam melakukan entri data kinerja dosen dengan mengerahkan asisten untuk masing-masing dosen yang berjumlah sebanyak 14 orang. Bantuan ini diberikan untuk memudahkan dosen dalam melakukan proses penyiapan dan finasilsasi data kinerja yang harus memiliki bukti yang dapat dipertanggung jawabkan. Berdasarkan hasil evaluasi sementara tercatat bahwa cukup banyak dosen Departemen ekonomi yang semestinya sudah layak melakukan kenaikan pangkat namun tidak dilaksanakandalam kurun waktu sampai belasan tahun lamanya. Untuk kepentingan institusi khususnya Departemen Ekonomi, proses ini merupakan sebuah langkah strategis yang harus direspon oleh semua fihak agar di masa datang sebagai insan profesional dosen bekerja memiliki data administrasi kinerja yang baik. (FM/02/05/23)

 

15 April 2023

Himpunan Mahasiswa Departemen Ekonomi FEB UNAND dalam bualn Suci Ramadhan 1444 H di penghujung Jadwal Mid-Term Semester Genap 2022/2023 menyempatkan diri melaksanakan program kerja Anjangsana dan Berbuka Puasa Bersama di Panti Asuhan Aisiyah Cabang Ampang Kota Padang. Mahasiswa Departemen Ekonomi FEB UNAND barusaja dalam 2 (dua) minggu terakhir melaksanakan Ujian Mid Semester untuk semua mata kuliah yang mereka ikuti dalam suasana Ibadah Puasa Ramadhan 1444H. 

Ketua Himpunan Mahasiswa Departemen Ekonomi FEB UNAND Muhammad Hanafi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan Program Kerja tahunan dari Himpunan yang bertujuan membangun kemampuan sikap dan moral dari mahasiswa Departemen Ekonomi yang memiliki kepedulian terhadap kondisi lingkungan masyarakat. Hal ini dapat memberikan pembelajaran bahwa sebagai calon ekonom setidaknya mampu memahami problem yang ada dalam masyarakat dan mencarikan alternatif solusi yang tepat. 

Kegiatan anjangsana dan Berbuka Puasa bersama ini di dampingi oleh dosen muda Departemen Ekonomi FEB UNAND yaitu Ibu Adila Adisti, SE, M.Ec (Pembina HIMA Ekonomi FEB UNAND) dan Ibu Ratih Ramadhani, SE, MSE. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 April 2023 dimulai pada jam 17:00 sampai selesai. 

17 Desember 2022

Dipenghujung tahun 2022, Departemen Ekonomi - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Andalas (UNAND) kembali menorehkan prestasi atas perolehan terakreditasi UNGGUL untuk Program Studi Ekonomi Pembangunan Program Sarjana (S1) dari Lembaga Akreditasi Mandiri - Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA). LAMEMBA merupakan lembaga akreditasi mandiri yang diprakarsai oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang disetujui oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tahun 2019. 

Akreditasi Unggul LAMEMBA ini merupakan rangkaian prestasi yang diperoleh Departemen Ekonomi FEB UNAND di tengah terpaan Pandemi Covid 19 menghadang. Tahun 2021. Program Studi Ekonomi Pembagunan (S1) barusaja mendapatkan sertifikasi internasional dari ASEAN University Network - Quality Assurance (AUN-QA). Selanjutya, di pertengahan tahun 2022 Program studi ini terus menorehkan pengakuan terakreditasi Internasional dari Foundation International Business Administration Accreditation (FIBAA) yang berkedudukan di Jerman. Meskipun Akreditasi FIBAA ini mendapatkan pengakuan untuk direcognisi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Namun Program Studi ini tetap mempersiapkan diri untuk melakukan Akreditasi Nasional dari LAMEMBA karena periode akreditas A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) segera berakhir pada pertengahan Agustus 2022 lalu. 

Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND Dr. Fajri Muharja menjelaskan bahwa keputusan untuk mengikuti Akreditasi LAMEMBA merupakan corner solution yang harus dilakukan mengingat masa berlaku akreditasi BAN-PT yang segera berakhir. Artinya tim kerja akredidasi program studi yang tahun 2021 barusaja menyelesaikan tugas untuk AUN-QA berlanjut melaksanakan tugas FIBAA dan Akreditasi LAMEMBA secara berurutan. Ini merupakan pekerjaan yang cukup menguras waktu dan energi tim yang terdiri dari Dosen, Mahasiswa, Tenaga Kependidikan, Alumni, User dan stakeholders lainnya dalam melakukan perencanaan, proses pelaksanaan dan asesmen lapangan. 

Akreditas UNGGUL dari LAMEMBA ini dapat dimaknai bahwa Program Studi (S1) Pembangunan FEB UNAND diakui sebagai program Studi yang bereputasi Internasional. Dengan  9 (sembilan) kriteria penilaian yang ditetapkan LAMEMBA, Program Studi ini telah mampu menunjukan kapasitasnya melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dan Rencana Strategis dari Unit Pengelola Program Studi (UPPS). 

Ketua Departemen Ekonomi mengucapkan terima kasih atas kerja keras, cerdas dan ikhlas dari Tim Akreditasi program Studi yang tidak kenal lelah dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Tim ini sebetulnya juga telah melakukan tugas dengan rangkaian pekerjaaan Akreditasi BAN-PT untuk Program S2 Magister Ekonomi dan S3 Doktor Ekonomi (2020) yang mendapatkan Akreditasi A dan  sampai Akreditasi LAMEMBA pada tahun 2022 ini. 

Dengan momentum akreditasi Program Studi yang UNGGUL ini dan semangat UNAND yang juga UNGGUL sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) perlu diisi dengan beragam program dan aktifitas secara berkualitas yang berkesinambungan dengan Visi, tata kelola, sumberdaya manusia, mahasiswa, penelitian, pengabdian serta luaran yang bereputasi internasional. (FM121222)

 

 

16 Desember 2022

Dalam rangka pelantikan pengurus ISEI Cabang Padang olek Dewan Pimpinan Pusat ISEI pada hari Kamis 15 Desember 2022 bertempat di Ruang Sidang Pasca Sarjana FEB UNAND. Kampus Unand Limau Manis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) dan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Barat mengadakan kuliah umum bidang ilmu ekonomi bersama Prof. Dr. Hermanto Siregar. Kegiatan ini juga diisi dengan Kuliah Umum bersama Prof. Hermanto dengan tema Kecenderungan Perekonomian Global dan Pentingnya Pengembangan Ekonomi Sirkuler. Secara resmi Prof Hermanto sebagai Ketua Bidang III DPP ISEI pusat melantik pengurus baru yang terbentuk beberapa waktu lalu. Prof. Hermanto juga merupakan guru besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University. 

Pelantikan Pengurus ISEI CABANG PADANG berdasarkan SK No. 5 - 22/PP-ISEI/VIII/2022 dengan susunan pengurus: Ketua 
Endrizal Ridwan,  Wakil Ketua Doni Satria, Sekretaris Fajri Muharja, Wakil Sekretaris Kasman Karimi, Bendahara Ratni Primalita, Wakil Bendahara Rita Rahayu. Pelantikan dihadir lebih kurang 40 orang pengurus lainnya yang terdistribusi di masing-masing bidang.

Peserta Kuliah umum dihadiri oleh mahasiswa dan akademisi dari berbagai Universitas seprti UNAND. UNP. UBH dan UIN IB di Kota Padang. Beberapa catatan penting dalam perkuliahan umum tersebut adalah menjelaskan tentang perkembangan perekonomian global dan posisi perekonomian Indonesia terkini. Selanjutnya Prof. Hermanto menjelaskan tentang ekonomi inlusif, keberlanjutan dan ekonomi sirkuler serta kendala dan strategi yang dibutuhkan dalam pengembangan ekonomi sirkuler. 

ISEI CABANG PADANG diharapkan mampu menbangun kolaborasi dengan Perguruan Tinggi. Dunia Usaha dan Pemerintah serta stakeholderlainnya untuk bersinergi dalam membangun perekonomian Sumatera Barat di masa datang

10 Desember 2022

Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas dalam mengimplementasikan Capaian Pembelajaran (CP)/Intended Learning Otcome (ILO's) menyelenggakan Workshop Penulisan Artikel Populer Ekonomi di Media Masa dan Penulissan Artikel Ilmiah untuk Journal Internasional bersama praktisi pada hari Sabtu, 10 Desember 2022 di Ruang Seminar Prof. Hendra Esmara Kampus FEB UNAND Limau Manis Padang.

Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan dalam kurikulum Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB UNAND yang berkaitan dengan kegiatan ini adalah mampu berkomunikasi secara efektif baik secara tertulis maupun presentasi lisan dengan menggunakan teknologi informasi (ILO6). 

Praktisi Media yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Bapak Two Efly, SE Redatur Senior Ekonomi HARIAN PADANG EKSPRES (JPNN) untuk membahas tentang teknik menulis artikel populer di media masa dan Bapak Muhammad Rizky Rizaldi, SE, M.Sc (Ph.D Student at Shefield University UK).  Kegiatan ini merupakan bagian program Peer Review Mata Kuliah Academic Writing yang diampu oleh Ibu Rahmi Rahmadhianati Z, MA yang juga bertindak sebagai moderator dalam acara ini bersama Ridho Ryswaldi, MM. 

Secara resmi acara ini dibuka oleh Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND Dr. Fajri Muharja yang menjelaskan bahwa ada dua target capaian yang diperlukan dalam kegiatan ini yaotu: 1) pentingnya kompetensi bagi mahasiswa untuk mampu mengkomunikasikan pemikiran ekonomi yang telah dan sedang dipelajari kepada masyarakat dengan bahasa yang simpel dan mudah dipahami, dan 2) kemampuan menulis ilmiah dalam bidang ekonomi yang baik untuk media jurnal internasional yang bereputasi. 

Kedua hal ini perlu lebih awal diberikan kepada mahasiswa Departemen Ekonomi FEB UNAND agar dalam tahap pembelajaran berikutnya mahasiswa lebih memahami pentingnya kemampuan menulis secara populer dan ilmiah bagi mahasiswa ekonomi di masa datang. Kegiatan ini diselenggaran secara Hybrid mengingat salah satu pembicara Muhammad Risky sedang berada di Kota Shefield UK. 

16 November 2022

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) baru saja mengirimkan Tim kerja Pendirian Program Studi Ekonomi/Ekonomi Maritim Fakultas Ekonomi (FE) UMRAH ke Departemen Ekonomi FEB UNAND untuk berdiskusi secara mendalam tentang aspek-apsek penting yang dibutuhkan dalam mendirikan Program Studi. Kunjungan kerja ini berlansung dari tanggal 15-17 November 2022 di Universitas Andalas. Tim UMRAH ini dipimpin oleh ibu Bunga Paramita, SE, M.Si yang didampingi oleh Bapak Rafky RS, SE, MM dan Bapak Fradya Randa, SE, ME mendiskusikan tentang kebutuhan finalisasi Proposal Pendirian Program Studi, Kurikulum, Rancangan Progran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Tugas dan Fungsi Departemen/Program Studi, SOP Akademik, Penjaminan Mutu, Lembaga Penunjang Departemen, dan Pengembangan Jurnal Ilmiah. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari MOU yang telah dilakukan FEB UNAND bersama FE UMRAH beberapa waktu lalu. 

Tim UMRAH ini disambut secara langsung oleh Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND Dr. Fajri Muharja yang didampingi oleh Kepala Program Studi Magister Ekonomi FEB UNAND Dr. Neng Kamarni, dan Direktur Lembaga Penelitian Ekonomi Regional FEB UNAND Dr. Yulia Anas. Pertemuan ini membahas tentang kebutuhan akan uniqueness dari Program Studi yang akan didirikan di UMRAH. Mengingat Indonesia memiliki visi sebagai negara poros maritim dunia. Sangat strategis sekali UMRAH untuk melahirkan sesegera mungkin Program Studi Ekonomi Maritim di Kepulauan Riau. Hal ini didasarkan kepada poisis strategis yang dimiliki Indonesia lintas perdagangan dunia yang menghubungkan jalur barat dan timur. 

Beberapa catatan penting yang direkomendasikan dalam pertemuan tersebut adalah Tim Pendirian Prodi ini harus mengakomodasi standar kurikulum yang sudah ditetapkan Asosiasi Program Studi Ekonomi Pembangunan Indonesia (APSEPI). Selanjutnya Program Studi yang akan didirikan ini harus menjadikan mata kuliah wajib antara lain: Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Ekonomi Energi, Ekonomi Pesisir dan Kelautan, Ekonomi Regional, Ekonomi Energi dan sebagainya. 

Disamping itu, FE UMRAH dan Departemen Ekonomi FEB UNAND menindaklajuti dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang relevan dalam pengembangan Sumberdaya dalam Pendirian Program Studi agar terujud sesegera mungkin untuk mengantisipasi kebutuhan pembanguan Sektor Ekonomi Maritim di Indonesia dan kawasan ASEAN. 

Pertemuan ini berlangsung akrab di ruang sidang Departemen Ekonomi FEB UNAND dalam suasana hujan yang cukup deras di kampus Unand Limau Manis. (fm/11/16/22)

 

 

15 November 2022

Ketua Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI Bapak Vid Adrison, Ph. D. memberikan Workshop Sehari "Membangun Theoritical Economic Framework untuk Penelitian" untuk Mahasiswa dan Dosen Pascasarjana Ekonomi FEB UNAND Senin 14 November 2022. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline untuk memberikan keseriusan dosen dan mahasiswa Departemen Ekonomi FEB UNAND dalam menyiapkan kualitas penelitian yang semakin baik. 

Ibu Dr. Yulia Anas menjelaskan dalam sambutan pada awal acara ini menyatakan bahwa Kegiatan ini merupakan Program Kerja Departemen Ekonomi FEB UNAND yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian Ekonomi Regional (LPER) FEB UNAND. Acara ini yang dilaksanakan sehari penuh dari jam 08:00 - 16:00 WIB dibuka oleh Bapak Dekan FEB UNAND Efa Yonnedi, SE, MPPM, Ph.D Ak. 

Materi yang disampaikan oleh pemateri meliputi perlunya pemahaman peserta workshop tentang: Keputusan Rasional dalam Ilmu Ekonomi, Identifikasi Topik Penelitian, dan Prinsip Dasar Model Teoretis Ekonomi. Kegiatan ini dikuti oleh 35 orang peserta yang terdiri dari Dosen Departemen Ekonomi FEB UNAND, Mahasiswa Fasttract Departemen Ekonomi, Mahasiswa Magister Ekonomi dan Mahasiswa Doktor Ekonomi FEB UNAND. 

Sebelum workshop ini dilaksanakan, pemateri melakukan survei awal tentang konsep2 Teori ekonomi yang melandasi sebiah Penelitian bidang Ilmu Ekonomi kepada peserta. Berdasarkan asesmen awal tersbut masih ada dari Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana yang belum memahami konsep rasionalitas yang merupakan aspek fundamental dalam riset ilmu ekonomi. 

Selanjutnya, menurut Vid bahwa dalam mengidentifikasi topik-topik riset yang baik, seorang peneliti harus memahami permasalahan dan isu utama yang diangkat dalam sebuah penelitian. Kata kunci dari sebuah riset yang dilakukan dalam merumuskan permasalahan adalah "SO WHAT". Hal ini penting agar penelitian yang telah dilakukan dengan susah payah dianggap tidak memberikan nilai apa2 sama sekali karena waktu dan sumberdaya yang dikeluarkan sudah banyak terutama untuk mahasiswa pascasarjana. 

Terakhir Ketua Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI ini juga menjelaskan bahwa prinsip dasar dalam membangun Model Teoritis Ekonomi adalah kemampuan seorang peneliti dalam membangun transmisi variabel penelitian. Kemampuan ini bisa dilakukan dengan baik jika seorang peneliti mampu mengekplorasi referensi terkait dalam sebuah penelitian yang dilakukan. Workshop ini diikuti oleh peserta secara antusias dengan mengemukakan beragam permasalahan baik dari sisi teoritis dan empiris dari penelitian yang akan dan sedang dilakukan peserta. (fm14.11.22)

Jurnal Link

AKREDITASI DAN SERTIFIKASI

AKREDITASI DARI PERKUMPULAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI EKONOMI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI (LAMEMBA)

 

ACCREDITATION FROM FOUNDATION FOR INTERNATIONAL BUSINESS ADMINISTRATION ACCREDITATION (2022-2027):

 

BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI (BAN-PT) (2021)



CERTIFICATION FROM ASEAN UNIVERSITY NETWORK-QUALITY ASSURANCE (AUN-QA):