Magister Langsung Doktor Ilmu Ekonomi

FAST-TRACK MAGISTER DOKTOR

Program Doktor Ilmu Ekonomi membuka kesempatan kepada lulusan S1 untuk langsung mengikuti program doktor melalui program jalur cepat (fast-track) dari Program Magister Perencanaan Pembangunan dengan pemusatan Perencana Ekonomi menuju PDIE. Syarat utama program fast-track adalah mahasiswa terdaftar dua semester di program magister dengan IPK minimum 3,50 (tiga koma lima nol) dan mampu menyelesaikan studi magister dalam 4 (empat) semester. Mahasiswa tersebut dapat mencicil sebahagian kredit doktoral sewaktu menyelesaikan studi magisternya. Setelah menyelesaikan studi magister, mahasiswa mendaftar kembali untuk mengikuti program doktor, dan semua matakuliah doktoral yang telah diambil dapat ditransfer dan diakui sebagai bagian dari pendidikan doktoral. Besaran SPP mengikuti status terdaftar mahasiswa.

PROGRAM MAGISTER DOKTOR SARJANA UNGGUL (PMDSU)

PDIE merancang pentahapan perkuliahan dan riset program penyatuan pendidikan magister-doktor, program PMDSU yang difasilitasi Dirjen Dikti. Sarjana berkualifikasi unggul diberi kesempatan untuk menamatkan studi magister langsung doktor dalam waktu 6 (enam) semester efektif.[1] Pada semester 1 dan 2, mahasiswa terdaftar pada PS-MPP, dan mulai semester 3 mahasiswa transfer ke PDIE. Perkuliahan mengikuti kurikulum program di mana mahasiswa terdaftar. Jika mahasiswa berkeinginan manamatkan program magisternya, pada semester 3 dan 4 mahasiswa bersangkutan mengikuti kurikulum magister dan doktor secara bersamaan. Setelah melengkapi semua persyaratan magister, mahasiswa mendapatkan ijazah Magister Perencanaan Pembangunan. Dengan demikian total beban studi magister adalah 36 sks dan total beban studi doktor adalah 42 sks, yang sebahagian matakuliah magister akan ditransfer menjadi matakuliah doktoral. Tabel berikut memaparkan kurikulum kedua program per semester, dengan semester 3 dan 4 overlaping antara keduanya.

Semester

Program Magister

Perencanaan Pembangunan (sks)

Program Doktor

Ilmu Ekonomi (sks)

1

ECO 503 Teori Ekonomi Mikro 3 (3)

ECO 504 Teori Ekonomi Makro 3 (3)

ECO 505 Matematika Ekonomi (3)

ECO 506 Statistik Ekonomi (3)

 

2

ECO 551 Ekonometrika  (3)

ECO 564 Teori Ekonomi Mikro 4 (3)

ECO 565 Teori Ekonomi Makro 4 (3)

ECO 552 Metodologi dan Falsafah Penelitian (3)

 

3

ECO 601 Proposal Penelitian Magister (3)

ECO 602 Makalah Semester Tiga (3)

Dua Matakuliah Pilihan Pemusatan (6)

Dua Matakuliah Pilihan Bebas (6)

4

ECO 651 Publikasi Penelitian Magister (3)

ECO 652 Ujian Seminar Tesis (3)

ECO 653 Kolokium dan Ujian Proposal (4)

ECO 702 Makalah Tahun Dua (3)

5

 

ECO 751 Publikasi Penelitian Doktoral (5)

6

 

ECO 801 Ujian Doktor (6)

Keterangan: dalam kurung adalah beban sks. Tesis berbobot 12 sks merupakan kompilasi perkuliahan riset di program magister, dan disertasi berbobot 24 sks merupakan kompilasi perkuliahan riset di program doktor.

 

Penerimaam mahasiswa PMDSU dilakukan oleh Dirjen Dikti. Pelaksanaan PMDSU di Unand dikoordinir oleh Program Pascasarjana dan aturan-aturannya mengikuti aturan Program Pascasarjana yang ditetapkan dengan SK Rektor.

Narahubung: 082260649569 (Ketua Jurusan).

 

[1] Definisi sarjana unggul mengikuti definisi Dirjen Pendidikan Tinggi https://www.pmdsu.com/

 

Read 99 times Last modified on Sabtu, 28 Maret 2020 06:05