MAHASISWA BELAJAR DARI PRAKTISI MENULIS ARTIKEL POPULER DAN ILMIAH BIDANG EKONOMI

10 Desember 2022

Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas dalam mengimplementasikan Capaian Pembelajaran (CP)/Intended Learning Otcome (ILO's) menyelenggakan Workshop Penulisan Artikel Populer Ekonomi di Media Masa dan Penulissan Artikel Ilmiah untuk Journal Internasional bersama praktisi pada hari Sabtu, 10 Desember 2022 di Ruang Seminar Prof. Hendra Esmara Kampus FEB UNAND Limau Manis Padang.

Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan dalam kurikulum Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB UNAND yang berkaitan dengan kegiatan ini adalah mampu berkomunikasi secara efektif baik secara tertulis maupun presentasi lisan dengan menggunakan teknologi informasi (ILO6). 

Praktisi Media yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Bapak Two Efly, SE Redatur Senior Ekonomi HARIAN PADANG EKSPRES (JPNN) untuk membahas tentang teknik menulis artikel populer di media masa dan Bapak Muhammad Rizky Rizaldi, SE, M.Sc (Ph.D Student at Shefield University UK).  Kegiatan ini merupakan bagian program Peer Review Mata Kuliah Academic Writing yang diampu oleh Ibu Rahmi Rahmadhianati Z, MA yang juga bertindak sebagai moderator dalam acara ini bersama Ridho Ryswaldi, MM. 

Secara resmi acara ini dibuka oleh Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND Dr. Fajri Muharja yang menjelaskan bahwa ada dua target capaian yang diperlukan dalam kegiatan ini yaotu: 1) pentingnya kompetensi bagi mahasiswa untuk mampu mengkomunikasikan pemikiran ekonomi yang telah dan sedang dipelajari kepada masyarakat dengan bahasa yang simpel dan mudah dipahami, dan 2) kemampuan menulis ilmiah dalam bidang ekonomi yang baik untuk media jurnal internasional yang bereputasi. 

Kedua hal ini perlu lebih awal diberikan kepada mahasiswa Departemen Ekonomi FEB UNAND agar dalam tahap pembelajaran berikutnya mahasiswa lebih memahami pentingnya kemampuan menulis secara populer dan ilmiah bagi mahasiswa ekonomi di masa datang. Kegiatan ini diselenggaran secara Hybrid mengingat salah satu pembicara Muhammad Risky sedang berada di Kota Shefield UK. 

Read 472 times

Jurnal Link

AKREDITASI DAN SERTIFIKASI

AKREDITASI DARI PERKUMPULAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI EKONOMI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI (LAMEMBA)

 

ACCREDITATION FROM FOUNDATION FOR INTERNATIONAL BUSINESS ADMINISTRATION ACCREDITATION (2022-2027):

 

BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI (BAN-PT) (2021)



CERTIFICATION FROM ASEAN UNIVERSITY NETWORK-QUALITY ASSURANCE (AUN-QA):