DIREKTUR STATISTIK HARGA BPS PUSAT SEBAGAI PEMBICARA UTAMA DALAM SEMINAR NASIONAL DI UNAND

12 November 2022

Lembaga Penelitian Ekonomi Regional (LPER) FEB UNAND dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk "Outlook Ekonomi dan Pengangguran Terkini di Indonesia" Jumat, 18 November 2022 di Ruang Seminar Pascasarjana FEB UNAND. Seminar Nasional ini menghadirkan pembicara utama Direktur Statistik Harga, Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat yaitu Dr. Windhiarso Ponco Adi Putranto, S.Si, M. Eng. Kemudian Pembicara lainnya adalah Direktur Lembaga Penelitian Ekonomi Regional (LPER) FEB UNAND Dr. Yulia Anas dengan Moderator adalah Dr. Elvina Primayesa (Dosen Departemen Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas. 

Dr. Windhi sebagai Alumnus Program Doktor Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi FEB UI menjalaskan bahwa pada fase new normal pandemi Covid 19 memperlihatkan kondisi ekonomi Indonesia cenderung kepada pemulihan yang makin terarah meskipun terdapat beberapa gangguan dari perubahan kondisi ekonomi di tingkat global. Beberapa tekanan ekonomi indonesia dalam beberapa bulan terakhir adalah terjadinya inflasi yang tinggi berbarengan dengan kenaikan harga BBM di Indonesia. Hal ini jelas sangat mempengaruhi proses pemulihan ekonomi Indonesia saat ini dan di masa datang. Memasuki tahun 2023, masyarakat Indonesia juga dikhawatirkan akan belum tuntasnya ketegangan Rusia vs Ukarina. Hal ini juga memberikan pengaruh terhadap perekonomi nasional dan daerah. 

Permasalahan pengangguran di tingkat nasional dan daerah memiliki dampak yang serius yang diakibatkan oleh pandemic Covid 19. Namun dalam beberapa bulan terakhir, perekonomian nasional dan daerah mulai mengalami perbaikan seiring dengan mulai bangkitnya kegiatan ekonomi masyarakat dan mobilitas penduduk. 

 

Dr. Yulia Anas lebih menyoroti permasalahan tenaga kerja di Sumatera Barat agar dapat mengurangi pengangguran di Sumatera Barat, Pemerintah perlu memperkuat sektor UMKM di Sumatera Barat agar memiliki kemampuan untuk bisa akses terhadap teknologi Informasi dalam mengembangkan usaha di masa datang. 

Seminar ini secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan II FEB UNAND Dr. Fery Andrianus, SE, M.Si. Seminar ini juga di hadiri oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Propinsi Sumatera Barat. Ibu Ir. Herum Fajarwati, M.M beserta jajaran Staf dan Karyanan BPS tingkat Propinsi dan Kabupaten Kota di Sumatera Barat. Seminar Nasional ini dilaksanakan secara Hybrid dan juga diikuti oleh Civitas Akademika Universitas Andalas yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa S1, S2, dan S3 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. (FM18.11.11)

Read 751 times

Jurnal Link

AKREDITASI DAN SERTIFIKASI

AKREDITASI DARI PERKUMPULAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI EKONOMI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI (LAMEMBA)

 

ACCREDITATION FROM FOUNDATION FOR INTERNATIONAL BUSINESS ADMINISTRATION ACCREDITATION (2022-2027):

 

BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI (BAN-PT) (2021)



CERTIFICATION FROM ASEAN UNIVERSITY NETWORK-QUALITY ASSURANCE (AUN-QA):