KETUA DEPARTEMEN EKONOMI FEB UNAND MEMIMPIN PERTEMUAN TAHUNAN VII ASOSIASI PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN INDONESIA (APSEPI) DI MANADO

08 Oktober 2022

Ketua Departemen Ekonomi FEB UNAND selaku Ketua Asosiasi Program Studi Ekonomi Pembangunan Indonesia (APSEPI) Periode 2021-2024 memimpin Pertemuan & APSEPI tgl 6-7 Oktober 2022 di Manado Propvinsi Sulawesi Utara. Terdapat dua tujuan utama pertemuan tahunan tersebut: Pertama, Diskusi Panel untuk menyikapi perkembangan kekinian persekononian Indonesia. Isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah Perekonomian Indonesia Menuju Perekonomian Berkelanjutan di Tengah Situasi Ketidakpastian Global. Keynote Speaker dalam Diskusi tersebut adalah Prof. Dr. Suahasil Nazara, Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia. Selanjutnya pembicara utama lainnya adalah Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Dr. Teguh Dartanto, Kepala Perwakilan Bang Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Arbonas Hutabarat dan Pakar Ekonomi Universitas Samratulangi Prof. Dr. Paulus Kindangen, SE, SU, MA. Sesi siang hari pertama dilanjutkan presentasi paper dari masing-masing pemakalah dari masing-masing universitas untuk mendapatkan masukan bagi semua peserta. 

Hari kedua pertemuan APSEPI dilanjutkan dengan Diskusi berkenaan dengan Akreditasi Lamemba bersama Dr. BM Purwanto dari Universitas Gadjah Mada. Selanjutnya pertemuan ini dilanjutkan dengan Sidang Pleno yang menetapkan berbagai kebijakan APSEPI yang dapat dijadikan sebagai acuan bagi masing-masing program studi Ekonomi Pembangunan di Indonesia berkenaan dengan Kurikulum, Penelitian, Pengelolaan Jurnal, Pengabdian Masyarakat, Kerjasama dan Kebijakan Pengembangan Organisasi dan Penguatan Kelembagaan APSEPI. 

Pertemuan APSEPI 7 di Manado ini dihadiri oleh 57 utusan masing-masing program Studi dengan jumlah peserta sebanyak 128 orang. Pertemuan APSEPI 7 Manado merupakan pertemuan yang dihadiri banyak peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa keputusan utama dalam sidang pleno ini menyepakati: 1) menerima Universitas Swasta sebagai anggota APSEPI dengan syarat tertentu, 2). menditailkan Kurikulum acuan dasar dari APSEPI sebagai pedoman untuk masing-masing anggota. (FM081022)

 

Read 509 times

Jurnal Link

AKREDITASI DAN SERTIFIKASI

AKREDITASI DARI PERKUMPULAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI EKONOMI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI (LAMEMBA)

 

ACCREDITATION FROM FOUNDATION FOR INTERNATIONAL BUSINESS ADMINISTRATION ACCREDITATION (2022-2027):

 

BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI (BAN-PT) (2021)



CERTIFICATION FROM ASEAN UNIVERSITY NETWORK-QUALITY ASSURANCE (AUN-QA):