REUNI AKBAR EP 92 “PENGUATAN SINERGITAS ALUMNI DAN PERGURUAN TINGGI”

25 September 2022

Departemen Ekonomi FEB Universitas Andalas (UNAND) mendapatkan kunjungan kehormatan dari Alumni Program Studi Ekonomi Pembangunan (EP) Angkatan 1992 di Ruang Pertemuan Departemen Ekonomi pada hari Sabtu, 24 September 2022 kampus Unand Limau Manis Padang. Pertemuan bersama alumni EP Angkatan 1992 ini berjalan dengan akrab dan penuh dengan suasana silaturahmi yang diikuti lebih dari 35 orang alumni.

 

Pertemuan alumni dengan Departemen Ekonomi FEB UNAND ini merupakan bagian dari kegiatan REUNI AKBAR Alumni Ekonomi Pembangunan FEB UNAND yang ke 30. Menurut Ketua panitia pelaksana reuni akbar ini Kakanda Yandrizon, SE, MM yang lebih dikenal di masa kuliah dulu “Ajo” (ASN di Pemkab Padang Pariaman) menjelaskan bahwa pertemuan dengan pihak Departemen/Jurusan Ekonomi bertujuan untuk membangun kolaborasi antara alumni dan kampus agar terus tetap terbangun sinergitas yang tinggi pada saat sekarang dan di masa datang. Dalam diskusi tersebut Ketua Departemen Ekonomi Dr. Fajri Muharja pemaparkan bahwa dewasa ini tantangan dan dinamika pendidikan tinggi telah mengalami perubahan yang sangat cepat.

 Dengan status Universitas Andalas sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) membutukan strategi dan kebijakan yang kreatif dan inovatif dalam memberikan kontribusi yang relevan terhadap perekonomian dan dunia usaha baik di tingkat lokal, nasional maupun global. Untuk itu sangat dibutuhkan sekali kerjasama dengan alumni semua angkatan dalam rangka menghasilkan lulusan mandiri dan berdaya saing global. Bentuk kerjasama yang dapat dilakukan adalah mengakomodasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Ketua Departemen juga menyampaikan perlu terus dibangun kerjasama dengan alumni untuk semua angakatan (lebih kurang 60 angkatan) dengan sumberdaya yang sangat besar sejak berdirinya FEB UNAND tahun 7 September 1957

 

Ketua Departemen juga menjelaskan bahwa Program Studi Ekonomi (S1) saat ini baru saja mendapatkan akreditasi internasional FIBAA (Foundation International Business Administration Accreditation) 2022 yang berkedudukan di Jerman. Sebelumnya Program Studi Ekonomi S1 ini juga telah mendapatkan Sertifikasi Internasional dari AUN-QA (ASEAN University Network – Quality Assurance) 2021. Untuk ketiga Program Studi Ekonomi S1, S2, dan S3 saat ini sudah terakreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek-Dikti.  Dalam diskusi tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Departemen Ekonomi Dr. Delfia Tanjung Sari, dan Kepala Program Studi Magister Ekonomi Dr. Neng Kamarni dan di LO Mahasiswa S1 2021 (Radha, Hana, Qaulan, Aqil, dan Usamah)   

Beberapa masukan dari alumni dalam membangun menghasilkan alumni memiliki daya saing yang tinggi disampaikan oleh Kakanda Dodi Prihardi, SE, M.Sc (Kementerian Keuangan RI) yang menyatakan bahwa hal yang mendasar bagi lulusan yang dibutuhkan saat ini adalah “leadership”. Hal ini penting karena di samping kemampuan akademik, dunia kerja juga memerlukan kemampuan leadership dari lulusan. Di samping itu, Uni Lusi Irawati, SE, M.Sc (Otoritas Jasa Keuangan/OJK) juga menambahkan bahwa kompetensi bidang dari mahasiswa dan lulusan harus terus diperkuat.

Beberapa deretan alumni angkatan 1992 yang hadir dalam diskusi tersebut adalah Uni Hasta Yuniar (Bank Mandiri), Yeni Tamar Bank Nagari Sumatera Barat, lebih dari 10 orang alumni bertugas di Pemerintah Propinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia, Manager di perusahaan perkebunan (Uda Afrizon dan Uda Desril), 4 orang alumni bergelar S3 (Doktor) (Dr. Endrizal Ridwan, Dr. Fery Andrianus, dan Dr. Edi Ariyanto) di UNAND dan Dr. Davy Hendri UIN Imam Bonjol Padang, Pengusaha percetakan (uda Immaldi) di Jakarta, Pengusaha Perjalanan Wisata dan kuliner, Pengusaha Bisnis Properti di Padang, Pekanbaru dan Jakarta. Semua alumni terus mengharapkan semoga Jurusan/Departemen Ekonomi FEB UNAND terus berbenah diri dalam menghasilkan lulusan yang mandiri dan berdaya saing secara global.

Rangkaian acara silaturahmi Alumni ini dilanjutkan juga dengan pertemuan di rumah dosen senior Prof. Dr. Syafruddin Karimi, Makan dan ngupi bareng dan mendengarkan dendang lagu alumni di Restoran Daima (FM240922)

Read 420 times

Jurnal Link

AKREDITASI DAN SERTIFIKASI

AKREDITASI DARI PERKUMPULAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI EKONOMI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI (LAMEMBA)

 

ACCREDITATION FROM FOUNDATION FOR INTERNATIONAL BUSINESS ADMINISTRATION ACCREDITATION (2022-2027):

 

BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI (BAN-PT) (2021)



CERTIFICATION FROM ASEAN UNIVERSITY NETWORK-QUALITY ASSURANCE (AUN-QA):