PERLUNYA PENCEGAHAN KRISIS SISTEM KEUANGAN

07 September 2022

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Andalas, Sekretariat Komite Stabilitas SIstem Keuangan (KSSK) bekerjasama dengan, juga ISEI Padang mengadakan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan, atau yang biasa disebut dengan UU PPKSK. Sosialisasi dilaksanakan secara hybrid pada Selasa 6 September 2022 bertempat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas (Unand) dan menggunakan aplikasi zoom. Sosialisasi UU PPKSK ini dihadiri oleh 150 peserta offline dan lebih dari 190 orang peserta online, terdiri dari dosen dan mahasiswa FEB UNAND, juga Fakultas Ekonomi dari berbagai Universitas Negeri dan Swasta yang ada di Kota Padang. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari rangkaian perayaan LUSTRUM FEB Universitas Andalas ke XIII. 

Sosialisasi dibuka dengan pidato sambutan dari Dekan FEB UNAND, yg pada kesempatan ini diwakili oleh Bapak Dr. Fery Andrianus M.Si (Wakil Dekan II FEB UNAND), dilanjutkan dengan pidato kunci oleh Sekretaris KSSK, Bapak Suminto. S.Sos, M.Sc., Ph.D yang memperkenalkan tentang Komite Stabilitas Sistem Keuangan. Acara inti dari kegiatan ini adalah sesi diskusi panel yang dimoderatori oleh Ibu Yessy Andriani, SE, M. IDEC. Tampil sebagai narasumber pertama, Ibu Delfia Tanjung Sari, Ph. D, Dosen FEB UNAND yang juga merupakan pengurus ISEI Padang. Ibu Delfia memaparkan materi teori dan konsep tentang Stabilitas Sistem Keuangan dan Kebijakan Makroprudensial serta interaksi antara keduanya. Narasumber kedua yaitu Direktur Asesmen dan Kebijakan Stabilitas Sistem Keuangan Bapak Bambang Arianto S.E., M.A., Akt. yang memaparkan asesmen sektor keuangan dan perekonomian terkini, dilanjutkan oleh presentasi yang disampaikan oleh Direktur Manajemen Risiko dan Hukum, Bapak Dr. Ihda Muktiyanto, S.E.,M.Sc.. Beliau menyampaikan tantangan dan strategi dalam manajemen krisis berdasarkan pelajaran yang dipetik dari krisis sebelumnya, serta reformasi sektor keuangan yang sudah ditempuh dalam menjaga stabilitas sistem keuangan. Diakhir seni diskusi panel, dipilih 3 penanya terbaik pilihan panelis, yang berhak mendapatkan hadiah berupa souvenir KSSK.

Kegiatan ini diakhiri dengan kuis interaktif kahoot dimana 3 penjawab terbaik mendapatkan hadiah berupa gopay,  dan 5 pengisi kuesioner yang beruntung juga mendapatkan hadiah.

Read 460 times

Jurnal Link

AKREDITASI DAN SERTIFIKASI

AKREDITASI DARI PERKUMPULAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI EKONOMI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI (LAMEMBA)

 

ACCREDITATION FROM FOUNDATION FOR INTERNATIONAL BUSINESS ADMINISTRATION ACCREDITATION (2022-2027):

 

BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI (BAN-PT) (2021)



CERTIFICATION FROM ASEAN UNIVERSITY NETWORK-QUALITY ASSURANCE (AUN-QA):